Pakar Pertahanan UI: Wajar Kepala BIN Budi Gunawan Terbaik

Pakar Pertahanan UI: Wajar Kepala BIN Budi Gunawan Terbaik
Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan. Foto: dok Humas BIN

jpnn.com, JAKARTA - Hasil studi Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menempatkan kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan sebagai yang terbaik.

Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menjelaskan kajian pandangan pakar itu merupakan hasil riset kualitatif dan wawancara mendalam terhadap sejumlah pakar untuk memotret performa kabinet Indonesia Maju Jilid II yang dilakukan selama Januari-Juni 2021 yang dikuantifikasi secara sederhana untuk mendapatkan pengukuran yang pasti.

LPI secara istimewa mengukur kinerja kabinet dalam merespons wabah Covid 19. Hasilnya Kepala BIN Budi Gunawan meraih skor 99 dalam skala 0-100 disusul Panglima TNI dan Kapolri yang sama-sama meraih nilai 98. Di tangga berikut, ada Menkopolhukam Mahfud MD (96), Menteri Agama Yaqut Cholil (95), Menteri BUMN Erick Thohir (94), Menteri Sosial Tri Rismaharini (93), dan Mendagri Tito Karnavian (91).

Dari hasil kajian tersebut, performa institusi BIN yang dikomandoi oleh Jend Pol (Purn) Budi Gunawan atau akrab disebut BG, berada pada peringkat terbaik berdasarkan tiga indikator besar dengan 20 atribut atau subindikator turunannya.

Ketiga indikator itu adalah aspek kepemimpinan (leadership), aspek kebijakan (policies), dan aspek daya tanggap (responsiveness).

Boni menegaskan pendekatan ini lazim digunakan di negara yang demokrasinya relatif mapan.

Dari penilaian subjektif para pakar yang tergabung dalam sejumlah grup diskusi (FGD), LPI mengkuantifikasi pengukuran dengan memberikan bobot terhadap ketiga dimensi itu.

Aspek leadership memberi kontribusi 30 persen kepada resultan nilai kinerja, indikator kedua menyumbang 20 persen, dan indikator responsiveness mendapat porsi terbesar yaitu 50 persen dari total pengukuran.

Hasil studi Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menempatkan kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan sebagai yang terbaik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News