Hasil Riset Kinerja Kabinet Jokowi – Kiai Ma’ruf Amin, LPI Sebut Kepala BIN Budi Gunawan Terbaik

Hasil Riset Kinerja Kabinet Jokowi – Kiai Ma’ruf Amin, LPI Sebut Kepala BIN Budi Gunawan Terbaik
Kepala BIN Budi Gunawan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (10/10). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil studi Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menempatkan kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan sebagai yang terbaik.

Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menyebutkan penempatan itu didasari oleh hasil riset kualitatif dan wawancara mendalam terhadap sejumlah pakar untuk memotret performa kabinet Indonesia Maju yang dilakukan selama Januari-Juni 2021.

LPI ingin mengukur kinerja kabinet dalam merespons badai pandemi Covid 19.

Dari hasil riset tersebut, menurut Boni, didapati performa institusi BIN yang dikomandoi oleh Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan atau akrab disebut BG, berada pada rating terbaik berdasarkan tiga indikator besar dengan 20 sub indikator turunannya.

Ketiga indikator itu yakni leadership (kepemimpinan), policies (kebijakan), dan responsiveness (daya tanggap).

Menurut Boni, pendekatan ini lazim digunakan di sejumlah negara yang demokrasinya relatif lebih mapan.

Dari ketiga pendekatan yang penilaiannya diberikan secara subjektif oleh para pakar, LPI menguantifikasi pengukuran dengan memberikan bobot terhadap ketiga dimensi indikator itu.

Indikator leadership memberi kontribusi 30 persen kepada nilai kinerja, indikator policies menyumbang 20 persen dan indikator responsiveness diberi porsi terbesar yaitu 50 persen dari total pengukuran.

Hasil studi Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menempatkan kinerja Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan sebagai yang terbaik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News