Pakar Puji Jokowi Sukses Membawa Indonesia ke Puncak Kepemimpinan Dunia

Pakar Puji Jokowi Sukses Membawa Indonesia ke Puncak Kepemimpinan Dunia
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Dr Emrus Sihombing mengatakan kesuksesan Indonesia menyelenggarakan KTT G20 menjadikan Jokowi berada di puncak kepemimpinan dunia.

Menurut Emrus, kesuksesan itu tidak lepas dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah berhasil berjalan efektif sehingga menimbulkan citra positif dan kesan mendalam bagi para petinggi negara anggota G20.

“Saya berpendapat bahwa keberhasilan Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi menyelenggarakan G20 bukan tujuannya pencitraan, tetapi keberhasilan itu menimbulkan citra,” ujar Emrus, Rabu (23/11/2022).

Menurut Emrus, citra positif membuat posisi Indonesia di mata internasional makin kredibel.

“Indonesia juga makin percaya diri ternyata kita mampu mengelola event yang sangat luar biasa di mana dihadiri oleh kepala-kepala negara,” kata Emrus.

Kesuksesan acara G20 itu terlihat kata Emrus, dari pujian yang dilontarkan oleh sejumlah kepala negara yang hadir kepada Presiden Jokowi.

Mulai dari Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Amerika serikat Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak hingga Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahya (MBZ).

“Coba lihat, kepala-kepala negara nyaman, senyum mereka bahagia, mereka bisa aman luar biasa. Saya terus terang mengatakan ini bukan pekerjaan satu hari,” ucap Emrus.

Pakar komunikasi politik Emrus Sihombing mengatakan kesuksesan Indonesia menyelenggarakan KTT G20 menjadikan Jokowi berada di puncak kepemimpinan dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News