Pakar Puji Kepemimpinan Jokowi, G20 Berdampak Positif Bagi Kepentingan Indonesia

Pakar Puji Kepemimpinan Jokowi, G20 Berdampak Positif Bagi Kepentingan Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Presidensi G20 2022. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Hubungan Internasional Universitas Indonesia Profesor Evi Fitriani memuji kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada G20 karena berhasil membuat Indonesia diperhitungkan di mata dunia internasional.

Menurut Profesor Evi, momentum G20 tidak hanya ajang internasional. Presiden Jokowi memikirkan agar acara tersebut dapat memberikan dampak yang konkret bagi bangsa Indonesia.

“Sejauh yang saya amati cukup sukses sebagian besar agenda Presiden Jokowi dan timnya. Apa pun yang dilakukan, G20 harus berdampak positif dan konkret bagi kepentingan Indonesia,” ujar Evi, Selasa (27/9/2022).

Guru Besar Hubungan Internasional UI mengatakan kalau melihat peran Presidensi G20 negara sebelum-sebelumnya, tampak sekadar acara seremonial, tidak memberikan efek bagi rakyatnya.

“Nah, saya pikir itu nilai lebih yang tidak dikejar oleh presiden-presiden sebelumnya. Kalau presiden-presiden sebelumnya kan pokoknya asal nanti sukses ada foto-foto dia diberi selamat itu sudah cukup,” ujar Evi.

Namun, hal tersebut berbeda jauh ketika Pemerintah Indonesia menjadi Presidensi G20 2022. Hasil dari G20 berdampak positif bagi masyarakat Indonesia secara riil hingga semua Kementerian dan lembaga memainkan perannya masing-masing.

Evi menilai Presiden Jokowi mengejar sampai konkret manfaat G20 bagi rakyat Indonesia secara riil.

“Itu dikejar loh sama beliau (Jokowi). Jadi, semua kementerian yang punya keterkaitan di G20 terus melakukan kegiatan G20 dan hasilnya konkret. Menurut saya ini bagus,” ucap Evi.

Momentum G20 202 tidak hanya ajang internasional, tetapi Pesiden Jokowi memikirkan agar acara tersebut memberikan dampak yang konkret bagi bangsa Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News