Pakar Ungkap Pesan Pidato Megawati: Jokowi Bagian Kader PDIP Seharusnya Mendukung Ganjar

Pakar Ungkap Pesan Pidato Megawati: Jokowi Bagian Kader PDIP Seharusnya Mendukung Ganjar
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Joko Widodo saat menghadiri Puncak Peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/6). Foto : Ricardo

jpnn.com - JAKARTA - Peristiwa politik saat puncak peringatan Bulan Bung Karno 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6), menunjukkan kesatuan dan soliditas di internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP menyambut Pemilihan Umum 2024.

Hal itu terlihat dari momen pidato politik Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi), serta kemesraan Ketua DPP PDIP Puan Maharani bersama Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo dalam puncak peringatan BBK tersebut.

Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Megawati dalam pidato di puncak peringatan BBK menegaskan posisi di PDIP, lalu meminta seluruh kader berlambang kepala banteng moncong putih untuk total menyukseskan pemenangan Ganjar.

Toto, sapaan Yunarto Wijaya, menilai permintaan dari Megawati itu bisa dibaca juga bahwa Jokowi sebagai kader PDIP, perlu menyukseskan kemenangan Ganjar pada Pilpres 2024.

"Megawati menunjukkan positioning-nya bahwa di satu sisi dengan atau tanpa dukungan Pak Jokowi, kader partai harus tegak lurus bekerja buat Ganjar Pranowo, tetapi juga secara tidak langsung, di situ ada pesan bahwa Pak jokowi adalah bagian dari kader yang seharusnya juga menjadi bagian dalam ritme tegak lurus mendukung Ganjar tadi. Apakah Jokowi akan tegak lurus? Menurut saya, iya, dalam konteks sebagai kader," kata Toto kepada awak media, Minggu (25/6).

Menurut Toto, Jokowi di sisi lain juga sadar posisi dan menunjukkan kepatuhan dengan tidak mengungkap pidato 'menggigit' saat puncak peringatan BBK.

"Buat saya ini bisa dilihat dari kacamata positif beliau menghormati Bu Megawati sebagai faktor pengikat satu-satunya, karena ketika dia menjadi bintang utama dari sebuah acara PDIP, itu menurut saya sebuah hal yang tidak baik secara tata krama," ujar Toto.

Dia melanjutkan puncak peringatan BBK juga memperlihatkan Puan sudah tidak punya masalah dengan penetapan Ganjar sebagai Bakal Capres 2024.

Menurut Toto, permintaan dari Megawati itu bisa dibaca juga bahwa Jokowi sebagai kader PDIP perlu menyukseskan kemenangan Ganjar pada Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News