PakDe Karwo Bakal Mendongkrak Elektabilitas Golkar di Jatim

PakDe Karwo Bakal Mendongkrak Elektabilitas Golkar di Jatim
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama jajaran DPP Partai Golkar. Foto: Dok. Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo (Pakde Karwo) meninggalkan Partai Demokrat dan kembali ke Partai Golkar.

Kepindahan Soekarwo akan berdampak signifikan terhadap peta politik di Jawa Timur.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam menilai masuknya Pakde Karwo ke Golkar akan berpengaruh besar terhadap perubahan peta kekuatan partai politik di Jawa Timur (Jatim).

“Kehadiran Pak Karwo memang sebagai tokoh dan patron akan berpengaruh di Jawa Timur, tetapi kalau level nasional ya tidak terlalu, menurut saya,” kata Surokim, Rabu (4/1/2023).

Surokim menjelaskan Pakde Karwo punya pengaruh signifikan di Jatim. Tercatat, Pakde Karwo pernah menduduki jabatan sebagai Gubernur Jatim selama dua periode.

“Kalau di Jatim signifikan karena memang beliau jadi gubernur dua periode, kontestasi Pilgub 2 kali, jaringan, pengalaman lapangan, kontes untuk meraih vooters, memang beliau punya basis,” kata Surokin.

Oleh sebab itu, dia menilai Golkar mendapat energi baru dengan masuknya Pakde Karwo.

“Untuk kontestasi politik di Jawa Timur, kehadiran Pakde Karwo saya kira membawa energi baru untuk Golkar,” ungkapnya.

Pengamat politik Surokim Abdussalam menilai kembalinya Pakde Karwo ke Golkar akan berpengaruh besar terhadap perubahan peta kekuatan politik di Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News