Pakde Karwo Pastikan Pelemahan Rupiah Tak Berefek bagi Jatim

Pakde Karwo Pastikan Pelemahan Rupiah Tak Berefek bagi Jatim
Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam rapat koordinasi program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di Surabaya, Selasa (7/8). Foto: istimewa for JPNN.Com

jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Soekarwo memastikan pelemahan nilai tukar rupiah tidak berpengaruh pada sektor pangan di daerahnya. Alasannya, seluruh komoditas pangan di Jatim sudah terpenuhi dengan hasil dari dalam negeri.

"Kebetulan industri kami bahan bakunya tidak perlu impor. Ini agrobisnis dan holtikultura jadi bahan baku kami di sekitar Jatim dan luar Jatim," kata Soekarwo saat melepas ekspor sejumlah komoditas pangan bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Surabaya, Senin (8/10).

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu juga memastikan akan terus menggenjot ekspor dari daerahnya guna menyumbang devisa negara. Namun, dia memastikan kebutuhan masyarakat Jatim harus terpenuhi terlebih dahulu.

Untuk sasaran ekspor, Pakde Karwo mengklaim Jepang dan India siap mengimpor komoditas dari Jatim. Menurutnya, kedua negara itu membutuhkan produk hasil pertanian yang sudah dikelola industri kecil menengah.

"Besok, kami launching digital untuk proses produksi dan perdagangan di Green City (Surabaya, red),” pungkas dia. (tan/jpnn) 


Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan seluruh komoditas pangan di Jatim sudah terpenuhi dengan hasil dari dalam negeri.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News