Paksa Batu Bara Lewat Jalur Khusus, Alex Noerdin Dikecam

Paksa Batu Bara Lewat Jalur Khusus, Alex Noerdin Dikecam
Paksa Batu Bara Lewat Jalur Khusus, Alex Noerdin Dikecam
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia (Aspebindo) Ferry Juliantono mengecam keras langkah Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang memberlakukan aturan bahwa pengangkutan batu bara harus melewati jalur khusus. Padahal menurut Aspebindo, jalur khusus tersebut belum siap dilewati.

"Dia (Gubernur Sumsel) sudah tidak mempedulikan kepentingan pihak pelaku usaha pengiriman batu bara dan masyarakat Sumsel yang terlibat dalam kegiatan tambang batubara, termasuk pengangkutan batubara,” ujar Ferry kepada wartawan di, Jakarta, Jumat (25/1).

Ferry menjelaskan selama ini pihaknya berpijak pada pasal 52 pada Perda nomor 5 Tahun 2011 yang mengatur tentang penggunaan jalan umum untuk pengangkutan batu bara. Pasal tersebut menyebutkan, pengangkutan batu bara lintas kabupaten/kota  boleh menggunakan jalan umum sampai Maret 2013.

Namun pada Januari 2013, Gubernur tiba-tiba mengeluarkan Pergub yang melarang pengangkutan batu bara melintas di jalur umum dan harus melintas di jalur khusus. Jalur khusus tersebut disediakan oleh perusahaan yang sudah ditunjuk di masing-masing daerah.

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia (Aspebindo) Ferry Juliantono mengecam keras langkah Gubernur Sumatera Selatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News