Palangka Raya Masih Rawan Rabies

4.701 Tervaksin, 36 Diperiksa dan 30 Positif

Palangka Raya Masih Rawan Rabies
Palangka Raya Masih Rawan Rabies
PALANGKA RAYA – Kota Palangka Raya tampaknya masih sangat rawan terhadap penyakit rabies. Buktinya, terhitung sejak Januari hingga Juni 2012 masih banyak anjing yang positif mengidap rabies. Dari 36 ekor anjing yang diuji sampel di Banjarmasin, ada sebanyak 30 ekor yang positif rabies. Angka ini menjadi kerawanan sendiri bagi warga Kota Palangka Raya dan sekitarnya.

Beruntung selama bulan Juni-Juli 2012, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Palangka Raya telah melakukan vaksin massal. Hasilnya, sebanyak 4.701 anjing warga berhasil divaksin. Kepala Seksi Kesehatan Hewan Distanak Kota Palangka Raya Sugianto mengungkapkan, pihaknya telah menyelesaikan vaksin massal pada Jumat (29/7) lalu di Kecamatan Pahandut.

Sebelumnya mereka telah melaksanakan vaksin massal di beberapa wilayah yang banyak populasi anjingnya, seperti Kelurahan Palangka, Bukit Tunggal, Menteng, Petuk Katimpun, Langkai, Panarung, Pahandut, Tanjung Pinang , Pahandut Seberang, Kereng Benkirai , Sabaru , Petuk Bukit, Pager, Petuk Barunai, Gaung Baru, Sei Gohong, Tangkiling, Banturung, Tahai, Habaring Hurung dan Kelurahan Marang.

Namun untuk melihat apakah vaksin masal ini berhasil atau tidak, baru  bisa dilihat pada bulan Agustus mendatang. “Sebab pada bulan Agustus adalah musim kawin bagi anjing. Saat itu anjing-anjing liar akan keluar untuk mencari pasangan. Nah di situlah penularan rabies biasanya terjadi. Kalau ternyata terjadi penurunan berarti vaksin masal yang dilaksanakan sukses, “ ungkapnya.

PALANGKA RAYA – Kota Palangka Raya tampaknya masih sangat rawan terhadap penyakit rabies. Buktinya, terhitung sejak Januari hingga Juni 2012

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News