Palestina Seret Israel ke Mahkamah Internasional

Palestina Seret Israel ke Mahkamah Internasional
Bendera Palestina. Foto: Haaretz

jpnn.com, RAMALLAH - Hubungan Palestina dan Israel kian buruk. Presiden Palestina Mahmoud Abbas kini berusaha menyeret Israel ke Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) karena kekerasan yang dilakukan Israel Defense Forces (IDF) terhadap warga sipil Palestina.

”Kami telah mengajukan permohonan kepada ICC supaya membuatkan surat referensi bagi kami sebagai entitas setara negara agar bisa melaporkan Israel,” terang Menteri Luar Negeri Palestina Riad Malki sebagaimana dikutip Associated Press pada Rabu (16/5).

Jika ICC mengabulkan permohonan Palestina itu, segala kasus kekerasan yang IDF lakukan terhadap warga sipil Palestina akan diusut.

Sebenarnya, saat ini Israel pun tengah diselidiki ICC. Investigasi yang bermula pada 2015 dan masih berlangsung hingga sekarang tersebut berawal dari laporan masyarakat internasional yang terkait dengan dugaan kejahatan perang oleh IDF terhadap warga sipil Palestina.

Sampai saat ini, ICC belum bisa menyimpulkan dugaan yang diperkuat dengan bukti-bukti kekerasan IDF tersebut. (hep/c11/dos)


Hubungan Palestina dan Israel pun kian buruk. Kini Abbas berusaha menyeret Israel ke Mahkamah Kriminal Internasional (ICC)


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News