Paling Aman tuh Nikmati Libur Lebaran dengan Cara ini

Paling Aman tuh Nikmati Libur Lebaran dengan Cara ini
Pengunjung di tempat wisata Kebun Raya Bogor (ANTARA/Foto: Riza Harahap)

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat yang tidak mudik ke kampung halaman dan berencana berwisata di dekat rumah untuk menghabiskan liburan diminta tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

Membawa bekal sendiri bisa menjadi alternatif untuk menghindari risiko penularan virus yang terjadi ketika makan di restoran.

"Bisa bawa makan dan minuman, jadi kalau di ruang terbuka kita bisa makan di sana, kalau bisa kita menjauh dari kerumunan," kata kepala unit gawat darurat RSUD Matraman, dokter Tiur Situmorang.

Pilihan lainnya bila tidak ada tempat yang betul-betul sepi, menyantap bekal di dalam kendaraan pribadi bila memungkinkan.

"Makan kan pasti lepas masker tuh, ya sudah makan saja di dalam mobil, dan tetap makan makanan yang bergizi, minum vitamin dan jaga kesehatan," lanjut Tiur.

Di tengah pandemi, dia berpendapat belum ada tempat yang betul-betul 100 persen aman, apalagi saat libur biasanya terjadi lonjakan jumlah wisatawan.

Namun bila tetap ingin berwisata, dia mengingatkan untuk senantiasa menerapkan 5M, yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Membatasi Mobilitas.

Pentingnya menerapkan protokol kesehatan ditegaskan juga oleh Ketua Tim Pedoman dan Protokol dari Tim Mitigasi PB Ikatan Dokter Indonesia Dr dr Eka Ginanjar,SpPD -KKV, FINASIM, MARS.

Ingin menikmati libur Lebaran di luar rumah? Paling aman tuh dengan cara cara ini.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News