Minggu, 16 Juni 2019 – 05:53 WIB

PAN Ajak Semua Parpol Larang Kader Ikut Aksi 22 Mei

Senin, 20 Mei 2019 – 16:55 WIB
PAN Ajak Semua Parpol Larang Kader Ikut Aksi 22 Mei - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan meminta semua partai politik mengingatkan kepada anggotanya untuk tidak ikut-ikutan gerakan apa pun pada saat penetapan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019.

“Saya pikir bagaimana masing-masing partai memberikan imbauan kepada para anggotanya untuk tidak ikutan gerakan apa pun itu namanya, people power atau apa sudah berganti nama (gerakan kedaulatan rakyat, red),” kata Bara di gedung DPR, Jakarta, Senin (20/5).

BACA JUGA: Peringatan Menristekdikti kepada Mahasiswa soal Aksi 22 Mei

Menurut Bara, partai politik punya tanggung jawab masing-masing untuk mengingatkan jangan sampai mengikuti gerakan yang bisa menimbulkan keresahan dan kerusakan, yang pada akhirnya memunculkan setback besar bagi demokrasi.

Meski dia tidak people power berkembang dan karena sudah terjadi banyak penolakan, konsep ini tetap sangat berbahaya. Sebab, ujar Bara, people power dapat menimbulkan delegitimasi maupun distrust kepada lembaga demokrasi resmi yang tengah bekerja keras menyelasaikan proses ini.

“Itu sangat berbahaya dan kami, PAN, mendorong agar tidak terjadi setback demokrasi. Salah satu syarat utama kuatnya demokrasi adalah kepercayaan terhadap institusi-institusi publik,” ungkapnya. (boy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar