PAN: BG Punya Wibawa, Tapi Ingat Harus Loyal Pada Negara

PAN: BG Punya Wibawa, Tapi Ingat Harus Loyal Pada Negara
Komjen Budi Gunawan. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR dari Fraksi PAN, Hanafi Rais tak mempersoalkan keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Budi Gunawan (BG), sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso.

Menurutnya, DPR sebagai lembaga juga tidak punya ruang yang cukup mempermasalahkannya. Dalam fit and proper test DPR sebatas diminta pertimbangan, bukan dalam kerangka menerima atau menolaknya.

Meski begitu, menurutnya, Presiden Joko Widodo tetap perlu memberikan penjelasan ke publik, jika banyak pertanyaan pertimbangan mengapa memilih BG menjadi KaBIN mengemuka.

"Pergantian KaBIN itu kewenangan presiden atas pertimbangan apa pun, baik itu taktis, strategis maupun politis sekalipun kita tidak punya ruang yang luas untuk mempermasalahkannya," ujar Hanafi melalui pesan singkat, Jumat (2/9).

Dalam konteks kinerja, pihaknya berharap ada peningkatan performa polisi dalam mengelola data intelijen dari BIN.

Selama ini polisi sering mengatakan bahwa data intelijen kurang lengkap, sehingga kesulitan menjawab untuk bertindak. Maka momentum KaBIN dari polisi ini harus meningkatkan koordinasi dan sinergi dua lembaga itu.

Di sisi lain, performa BIN di bawah Sutiyoso yang sudah on the right track harus ditindaklanjuti dan dikembangkan agar lebih progresif lagi. Misalnya penanganan berkaitan kasus BLBI, Aceh dan Papua, serta kontra-terorisme.

"Terakhir, saya hanya ingin mengingatkan, loyalitas KaBIN adalah kepada NKRI bukan pada rezim atau individu tertentu. Soal layak atau tidak, saya kira pak BG punya kewibawaan yang bagus dan bersinergi dengan Polri maupun TNI," pungkasnya. (fat/jpnn)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR dari Fraksi PAN, Hanafi Rais tak mempersoalkan keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Budi Gunawan (BG),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News