PAN Desak Penjaminan Deposito

PAN Desak Penjaminan Deposito
PAN Desak Penjaminan Deposito
JAKARTA - Fraksi PAN DPR RI meminta pemerintah untuk segera melakukan penjaminan deposito masyarakat sebelum krisis benar-benar melanda Indonesia. Hal ini untuk menjamin rasa aman masyarakat terhadap kondisi saat ini terkait dengan terjadinya krisis keuangan Amerika Serikat yang berimbas pada perekonomian global.

"Antisipasi ini harus dilakukan sesegera mungkin," ujar Ketua Fraksi PAN Zulkifli Hasan, saat jumpa pers, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (9/10).

Menurutnya, pemerintah bisa melakukannya dengan menggandeng Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menumbuhkan rasa aman bagi masyarakat, khususnya bagi para nasabah, baik individu atau lembaga. Sedangkan langkah lainnya adalah dengan menjaga neraca pembayaran.

Khusus soal deposito, Zulkifli menjelaskan bila nilai deposito yang dijamin harus dinaikkan dari Rp100 juta menjadi Rp2,5 miliar. Apalagi, jumlah deposito berupa tabungan dan giro mencapai 77,9 juta rekening dan 90 persen di antaranya di bawah Rp2,5 miliar.

JAKARTA - Fraksi PAN DPR RI meminta pemerintah untuk segera melakukan penjaminan deposito masyarakat sebelum krisis benar-benar melanda Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News