PAN Target Tiga Besar pada 2014

PAN Target Tiga Besar pada 2014
PAN Target Tiga Besar pada 2014
SURABAYA -- Wacana akan dinaikkannya parliamentary threshold dari 2,5 persen menjadi 5 persen merupakan momok untuk Partai Amanat Nasional (PAN). Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa menginstruksi jajaran dewan pimpinan wilayah (DPW) membuat program konkret untuk mendongkrak perolehan suara dan kursi pada Pemilu 2014.

"PAN harus masuk tiga besar dengan perolehan suara dobel digit," ujar Hatta saat membuka Musyawarah Wilayah DPW PAN Jatim di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, kemarin (19/6). Politikus yang juga Menko Perekonomian itu menyatakan, untuk menjadi parpol terhormat, kadernya harus membuat program peningkatan kesejahteraan. Yakni, melalui pemberantasan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja.

Perolehan kursi PAN pada dua pemilu terakhir terhitung merosot. Berdasar hasil Pemilu 2004, kader partai berlambang matahari biru itu meraup 53 kursi di antara 550 yang diperebutkan. Pada Pemilu 2009, jumlahnya menyusut menjadi 46 di antara 560 yang tersedia. Dalam forum muswil, Hatta juga mengingatkan kadernya yang duduk di kursi legislatif ataupun yang menjadi kepala daerah di provinsi maupun kabupaten/kota.

Menurut mantan Sekjen PAN itu, para kader yang telah sukses tersebut acapkali lupa sehingga jarang turun ke bawah untuk menjaring aspirasi masyarakat. Kader yang menemui hal tersebut diminta segera melapor kepadanya. "Saya yang akan jewer," ancam Hatta di depan sedikitnya 740 peserta muswil. Dia juga berpesan jangan sampai ada kader yang merasa ditinggalkan maupun tidak masuk struktur partai.

SURABAYA -- Wacana akan dinaikkannya parliamentary threshold dari 2,5 persen menjadi 5 persen merupakan momok untuk Partai Amanat Nasional (PAN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News