PAN Usung Agung-Budi, Gerindra Minta Kaji Ulang

PAN Usung Agung-Budi, Gerindra Minta Kaji Ulang
Partai Amanat Nasional (PAN). Ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, LAMPUNG UTARA - Partai Gerindra Lampura akhirnya angkat suara terkait terbitnya rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN) yang mengusung petahana Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara.

Ketua DPC Gerindra Lampura Farouk Danial mengatakan, pada prinsipnya Gerindra menyerahkan sepenuhnya kepada Agung untuk mencari wakilnya. Sebab, kata dia, petahana memiliki hak mutlak untuk memilih siapa yang menjadi pendampingnya pada Pilkada 2018.

Kendati demikian, Agung tentunya harus melihat secara mendalam sekaligus perincian kekuatan dukungan Budi Utomo tersebut. Menurut Farouk, secara analisa kalau melihat pengalaman birokrasi, dia mempertanyakan dukungan dari kalangan birokrat Lampura lewat Budi. Basis massa Budi di akar rumput lainnya juga dipertanyakan.

”Dimana letak kekuatan dukungannya? Selain itu, juga harus melihat dimana rumput massanya? Yang memilih kan bukan PNS. Nggak sampai 70 persen juga, belum tentu kalangan PNS melekat dengannya (Budi Utomo, Red). Lain dengan sosok almarhum Paryadi (pasangan Agung di pilkada sebelumnya, Red) dulu yang kuat dengan aura pengaruh sekaligus memiliki magnet di kalangan PNS. Nah, ini Budi Utomo yang kurang magnetnya. Ini omongan objektif saya loh,” tandasnya.

Ia juga mencontohkan, sosok seperti Rohimat Aslan selaku mantan wakil bupati dulu. Sosoknya memiliki magnet di wilayah agama dan memiliki pengaruh besar di tokoh agama sekaligus kepemudaan. Selain itu, ada juga sosok seperti Azuar Yazid. Tokoh seperti ini, kata Farouk, memiliki jaringan massa sekaligus berpengaruh di kalangan masyarakat di Lampura.

“Jadi prinsipnya, Agung Ilmu harus mengkaji kembali dan atau di diskusikan kembali. Tapi jika hal tersebut satu-satunya pilihan, apa boleh buat. Ya kita (Gerindra, Red) serahkan sepenuhnya dengan Agung,” ujarnya seraya mengatakan Gerindra tidak akan mundur jika hal tersebut terjadi.

Sayangnya, sejauh ini baik Agung maupun Budi belum dapat dikonfirmasi soal rekom PAN tersebut. Keduanya tak bisa dihubungi lewat ponselnya, kemarin.

Sebelumnya, ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPD PAN Lampura Hanafi mengatakan, pihaknya mengaku mengetahui jika DPP PAN telah mengeluarkan rekomendasi setelah membaca Radar Lampung edisi (16/11).

Partai Gerindra Lampura akhirnya angkat suara terkait terbitnya rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN) untuk petahana Bupati Lampung Utara Agung Ilmpo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News