Pandawa Ganjar Mengajarkan Warga Membuat Jamu Tradisional di Sukabumi

Pandawa Ganjar Mengajarkan Warga Membuat Jamu Tradisional di Sukabumi
Pelatihan pembuatan jamu tradisional yang diadakan Pandawa Ganjar. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, KOTA SUKABUMI - Sukarelawan Pandawa Ganjar mengadakan kegiatan workshop berupa pelatihan pembuatan jamu tradisional yang berlangsung di Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Indonesia merupakan negara yang subur dan kaya akan rempah-rempah. Ini sebagai momentum dalam mengingatkan masyarakat terutama generasi muda dalam melestarikan apa yang sudah diberikan oleh leluhur, salah satunya jamu tradisional," kata Koordinator Wilayah Pandawa Ganjar Jawa-Bali Haldoko Danantyas Subandoro dalam siaran persnya, Sabtu (26/8).

Pada kesempatan itu, para sukarelawan memberikan sejumlah materi seputar proses produksi jamu tradisional, yang meliputi bahan baku dan tanaman yang bisa digunakan dalam mengolah jamu tersebut.

Haldoko meminta kepada peserta untuk menanam tanaman terlebih dahulu di pekarangan rumah, sehingga dapat menekan biaya pembelian bahan baku selama proses pembelajaran tersebut.

"Untuk proses awal kami menyarankan untuk belajar menanam rempah-rempahnya sehingga tidak perlu belanja terlebih dahulu, cukup memetik dari pekarangan rumah," kata Haldoko.

Targetnya, Pandawa Ganjar bisa memberikan materi lanjutan seputar pemasaran. Sehingga, selain dikonsumsi untuk kebutuhan pribadi, masyarakat bisa menjual produknya tersebut ke pasaran.

Hal tersebut tentu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga.

"Ke depannya dapat diterapkan menjadi salah satu produk yang memiliki nilai jual, bisa dipasarkan dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat dengan jamu yang sudah ada pembaharuan," kata Haldoko.

Sukarelawan Pandawa Ganjar mengajarkan warga di Sukabumi cara membuat jamu tradisional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News