Lestarikan Kuliner Tradisional Banjarmasin, Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Membuat Pais Patin

Lestarikan Kuliner Tradisional Banjarmasin, Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Membuat Pais Patin
Lestarikan Kuliner Tradisional Banjarmasin, Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Membuat Pais Patin

jpnn.com - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali hadir dalam programnya menggelar kegiatan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Relawan beranggotakan anak-anak muda dan mahasiswa itu menggelar pelatihan membuat makanan pais patin bagi ibu-ibu di Kelayan Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalsel, Sabtu (26/8/2023).

Muhammad Iqbal selaku Koordinator Wilayah GMC Kalsel menyebut pelatihan pembuatan pais patin ini menjadi salah satu upaya melestarikan khazanah kuliner tradisional khas Banjarmasin.

"Pelatihan ini mengajarkan kepada ibu-ibu bagaimana memasak pais patin dengan bumbu khas banjar. Kemudian, bagaimana kami bisa melestarikan masakan ini, salah satunya pais patin agar bisa berkembang di kancah dunia," ucap Iqbal dalam keterangannya.

Lebih lanjut, Iqbal menejelaskan pais patin merupakan satu dari banyak masakan khas daerah Banjarmasin.

Masakan ini berbahan dasar ikan patin dengan campuran banyak rempah. Pais patin mudah dijumpai oleh wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin.

"Melihat masyarakat Banjar ini terkenal dengan patinnya yang melimpahkan, dan patin sungai itu memang ikan khas orang banjar. Itu selalu diinovasikan dalam masakan-masakan," ujar Iqbal.

GMC Kalsel menggandeng pelaku usaha kuliner khas Banjarmasin untuk mengajarkan praktik pembuatan pais patin kepada para peserta. Mulai dari pemaparan bahan-bahan hingga cara pengolahan turut diajarkan dalam pelatihan ini.

Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali hadir dalam programnya menggelar kegiatan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News