Pangarmabar: Guskamla, Pelaksana Patroli Keamanan Laut

Pangarmabar: Guskamla, Pelaksana Patroli Keamanan Laut
Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia melakukan salam komando bersama Laksamana Pertama TNI Muhammad Ali dan Kolonel Laut (P) Bambang Irwanto seusai memimpin upacara serah terima jabatan Danguskamlaarmabar dari di Komplek Satuan Koarmabar I, Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis (9/2). FOTO: Dispen Koarmabar

jpnn.com - jpnn.com - Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia mengatakan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmabar selaku komando pelaksana operasional Koarmabar, mengemban tugas pokok. Yakni melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut sehari-hari dalam bentuk patroli keamanan laut baik untuk tujuan penegakan hukum laut nasional dan internasional maupun untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi operasi tempur laut dalam rangka penegakan kedaulatan dan hukum di laut.

Dalam perkembangannya, kata Laksda Aan, Guskamla Koarmabar dari waktu ke waktu telah mampu menunjukkan prestasi dan kredibilitas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat dengan meningkatnya jumlah pemeriksaan kapal dan proses hukum yang dilaksanakan oleh unsur-unsur Guskamla Koarmabar, menurunnya tindak kejahatan di laut khususnya Selat Malaka, terdeteksinya kapal perang asing serta terlaksananya patroli terkoordinasi dan kerja sama dengan aparat keamanan negara tetangga.

“Keberhasilan operasi keamanan laut tersebut menggambarkan koordinasi dan sinergitas yang baik antar satuan di lapangan, sehingga dapat menekan tingkat kejahatan di laut khususnya di Perairan Natuna, Selat Malaka dan Selat Singapura,” kata Pangarmabar dalam amanatnya saat memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmabar (Danguskamlaarmabar) dari Laksamana Pertama TNI Muhammad Ali kepada Kolonel Laut (P) Bambang Irwanto di Kompleks Satuan Koarmabar I, Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis (9/2) lalu.

Menurut Aan, serah terima jabatan merupakan bentuk regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI Angkatan Laut yang memiliki nilai dan arti strategis. Hal ini berkaitan erat dengan dinamika proses pembinaan secara menyeluruh, baik pembinaan organisasi maupun pembinaan personel yang diharapkan ke depan mampu memberikan semangat serta penyegaran pemikiran, melalui ide dan gagasan baru yang lebih inovatif serta kreatif, bagi kepentingan dan peningkatan kinerja organisasi.

Pergantian jabatan bukan hanya sekadar pergantian personel semata, tetapi merupakan suatu proses pembinaan yang telah dipersiapkan secara matang dan profesional. Selain itu, juga merupakan bagian dari upaya dinamisasi organisasi agar senantiasa mampu menghadapi tantangan seiring dengan dinamika perubahan lingkungan strategis yang terus berkembang.

Pada kesempatan itu Pangarmabar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Laksamana Pertama TNI Muhammad Ali atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Komandan Guskamlaarmabar. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang sama, juga disampaikan kepada Ny. Muhammad Ali atas segala jerih payah dan pengorbanannya selama ini, sehingga dapat mendampingi suami menjalankan tugas dengan baik, khususnya dalam membina Jalasenastri di jajaran Guskamla Koarmabar.(fri/jpnn)


Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia mengatakan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmabar selaku komando


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News