Panggung Cerita Nusantara Optimalkan Ekosistem Rantai Pasok UMKM Lewat Factory Sharing

Panggung Cerita Nusantara Optimalkan Ekosistem Rantai Pasok UMKM Lewat Factory Sharing
Kementerian Koperasi dan UKM menggelar Panggung Cerita Nusantara yang menjadi momentum bagi UMKM memanfaatkan Rumah Produksi Bersama atau Factory Sharing untuk memproduksi wastra dan kriya melalui dukungan pembiayaan KUR Klaster. Foto: Dokumentasi Humas Kemenkop UKM

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menggelar Panggung Cerita Nusantara yang menjadi momentum bagi UMKM memanfaatkan Rumah Produksi Bersama (RPB) atau Factory Sharing untuk memproduksi wastra dan kriya melalui dukungan pembiayaan KUR Klaster.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pengembangan RPB yang dibangun dengan standar industri untuk mengelola UMKM secara terpadu dengan dukungan pembiayaan dari KUR Klaster perlu didukung dengan momentum seperti acara panggung Cerita Nusantara.

“Secara megah acara ini menampilkan ide-ide brilian, inklusivitas dalam keragaman, daya saing ekosistem lokal, karya seni rupa, kerajinan tangan, tekstil, juga inovasi digital setelah melalui perjalanan panjang dari tanah Indonesia hingga panggung internasional,” kata Menteri Teten dalam keterangannya, Sabtu (25/11).

Acara hasil kolaborasi Kemenkop UKM bersama Dekranas dan OASE itu telah berjalan sejak 2021 dengan Perjalanan Cerita Wastra dan Cerita Kriya dan kini bermuara di Panggung Cerita Nusantara.

“Dalam panggung Cerita Nusantara, kami mengapresiasi setinggi-tingginya setiap ekosistem kriya dan wastra yang telah bersinar, berjejaring, dan berhasil lebih jauh membawa karya terbaik dan kisah memukau dari nusantara,” terangnya.

Lebih lanjut Menteri Teten mengatakan acara-acara seperti itu diperlukan untuk mengoptimalkan berjalannya konsep rumah produksi bersama yang memang hadir untuk para pelaku UMKM agar lebih mudah mengelola bahan mentah menjadi produk jadi secara bersama sehingga kontinyuitas produk juga terjaga.

“Pada awalnya rumah produksi bersama dihadirkan untuk membuat produksi lebih mudah dalam skala massal dan menciptakan standar tinggi, ketika sudah berjalan lebih dari satu semester, terlihat ada dampak positif lainnya setelah rumah produksi bersama hadir,” terangnya.

Rumah produksi bersama secara nasional ditargetkanmencapai 18 titik hingga 2024.

Kemenkop UKM menggelar Panggung Cerita Nusantara yang menjadi momentum bagi UMKM memanfaatkan Rumah Produksi Bersama atau Factory Sharing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News