Pangi Sebut Demokrasi dalam Bahaya Jika Terjadi Penundaan Pemilu

Pangi Sebut Demokrasi dalam Bahaya Jika Terjadi Penundaan Pemilu
Pangi Syarwi Chaniago. Foto: dokumen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menyebut demokrasi Indonesia sedang dalam bahaya menyusul adanya wacana penundaan Pemilu 2024..

Usulan penundaan pemilu tersebut sebelumnya disampaikan Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Sementara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerbitkan surat keputusan tentang hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu Serentak Tahun 2024, yakni 14 Februari.

"Kita (bangsa, red) tidak boleh mundur kembali dari demokrasi," kata Pangi dalam pernyataannya pada Senin (7/3).

Dia menyebut demokrasi merupakan produk reformasi sehingga perlu diperjuangkan eksistensinya.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu mengatakan tidak ada rezim yang bisa bertahan tanpa legitimasi rakyat.

"Kalau rakyat menolak penundaan pemilu dan menolak penambahan masa jabatan presiden, itu sebetulnya sama dengan vitamin untuk memperkuat daya tahan tubuh," ucap Pangi.

Menurut dia, menunda pemilu akan menghilangkan kualitas demokrasi negara karena rakyat yang seharusnya berkuasa di Indonesia, bukan kuasa oligarki.

Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menyebut demokrasi Indonesia sedang dalam bahaya bila dilakukan penundaan Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News