Panglima TNI dan Kapolri Bertemu Pak Ganjar, Ada Pesan Khusus

Panglima TNI dan Kapolri Bertemu Pak Ganjar, Ada Pesan Khusus
Gubernur Ganjar Pranowo di kediamannya. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, BNPB, dan TNI-Polri terkait pendampingan penanganan COVID-19 di kabupaten/kota.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta setiap kepala daerah untuk memetakan kembali potensi kerawanan COVID-19 di wilayahnya.

"Panglima dan Kapolri ingin memastikan kondisi penanganan COVID-19 di Jawa Tengah, khususnya di Kudus. Maka kami diminta untuk siap," katanya saat ditemui di rumah dinas usai mendampingi kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kudus, Grobogan, Kota Pekalongan, Minggu (6/6/2021).

Dia menjelaskan ada beberapa hal yang perlu dicatat dari hasil koordinasi dengan Panglima TNI dan Kapolri.

Pertama, seluruh kepala daerah harus tahu bed occupancy rate (BOR) di daerah masing-masing.

Kedua, tempat isolasi harus disiapkan dengan benar dan diusahakan semua tempat isolasi terpusat agar mudah dikontrol. Ketiga, setiap daerah hari menghitung kembali kebutuhan sumber daya manusia, obat-obatan, dan peralatan.

"Skenariokan bahwa ini akan terjadi peningkatan-peningkatan secara eksponensial sehingga kita akan mengerti pada puncaknya itu kapan, kira-kira berapa, dan apa yang musti kita siap apa," kata Ganjar.

Kemampuan itu, lanjut Ganjar, harus diketahui sejak awal sehingga kalau ada yang tidak mampu atau kekurangan bisa langsung berkoordinasi.

Gubernur Ganjar Pranowo menjelaskan ada beberapa hal yang perlu dicatat dari hasil koordinasi dengan Panglima TNI dan Kapolri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News