Panglima TNI Jadi Warga Kehormatan Korps Kapal Selam

Panglima TNI Jadi Warga Kehormatan Korps Kapal Selam
Panglima TNI Jadi Warga Kehormatan Korps Kapal Selam

jpnn.com - JAKARTA---Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menerima brevet anggota korps kapal selam. Brecet Hiu Kencana itu disematkan dalam upacara bawah air di dalam lambung kapal selam Nanggala Jumat sore lalu.

”Panglima TNI dan KSAD serta KSAU sekaligus,” ujar Kadispenum Mabes TNI Kolonel Minulyo Suprapto pada Jawa Pos kemarin.  Penyematan brevet dilakukan di Pulau Pabelokan, kepulauan Seribu.

Brevet tersebut disematkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr Marsetio di dalam kapal selam KRI Nanggala-402 yang menyelam dikedalaman 25 meter dibawah permukaan laut perairan Laut Jawa.  Pengangkatan Panglima TNI sebagai warga kehormatan kapal selam adalah yang ke 125.

Setelah dinobatkan menjadi warga kehormatan, Panglima TNI melalukan pemeriksaan dan pengecekan serta mencoba mengoperasikan alat-alat yang ada di kapal selam seperti Periskop dan alat deteksi lainnya.
 
Kegiatan tersebut melibatkan KRI Yos Sudarso 353 dengan Komandan Kapal Letkol Laut (P) Didong Rio Duta, KRI Sutanto 377 sebagai Komandan Kapal Letkol Laut (P) Arya Daleno, KRI Barakuda 633 dengan Komandan Kapal Mayor Laut (P) Alferd Matews, KAL Yudhistira oleh Lettu Laut (P) Alan Ginanda, Heli U 415 dan 420 serta melibatkan dua Sie Raider Komando Pasukan Katak TNI AL untuk melakukan pengamanan di atas permukaan.
 
Brevet Hiu Kencana merupakan simbul pengakuan terhadap profesionalisme prajurit kapal selam dalam taktik dan tehnik peperangan bawah permukaan . Tidak sembarang orang bisa memakai brevet ini.

Pemberian brevet pada Panglima TNI dan dua kepala staf yang lain merupakan penghormatan sekaligus penghargaan seluruh warga kapal selam dan jajaran TNI AL kepada tokoh-tokoh yang dipandang telah memiliki jasa, perhatian pengembangan kapal selam secara langsung maupun tidak langsung.(rdl)


JAKARTA---Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menerima brevet anggota korps kapal selam. Brecet Hiu Kencana itu disematkan dalam upacara bawah air


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News