Panglima TNI: Kami Tinggal Menunggu Perintah Menlu

Panglima TNI: Kami Tinggal Menunggu Perintah Menlu
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto saat membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2020 di GOR A. Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan jajarannya telah menyiapkan seluruh keperluan untuk proses evakusasi WNI dari Wuhan, Tiongkok.

"Kami menyiagakan pesawat. Kemudian juga menyiagakan tenaga medis," kata Marsekal Hadi, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (30/1).

Sebelumnya dia juga telah memerintahkan kepada jajaran Pusat Kesehatan (Puskes) TNI dan Diskes Angkatan agar menyiapkan seluruh peralatan yang harus dibawa.

"Termasuk baju astronot yang putih-putih itu, ruang isolasi saya juga minta. Kemudian alat untuk memonitor panas tubuh manusia. Itu sudah disiapkan semua. Termasuk dukungan pesawat-pesawat milik TNI, kami siapkan," ujarnya.

Saat ini jajaran TNI yang disiagakan, kata Hadi, tinggal menunggu koordinasi dari Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi.

"Tinggal kami koordinasi dengan Menlu, kapan kami diberangkatkan. Seandainya mencarter pesawat sipil itu juga, itu adalah sudah menjadi pertimbangan dari Ibu Menlu. Ya nanti kami tunggu perintah dari Menlu. Kami siap kapan Bu Menlu minta bantuan," katanya. (fat/jpnn)

Tim TNI sudah bersiaga. Saat ini, menurut Panglima TNI, mereka tinggal menunggu instruksi dari Menlu.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News