Panglima TNI Minta Izin Kapolri Salat di Kantor Polsek

Panglima TNI Minta Izin Kapolri Salat di Kantor Polsek
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: Miftahulhayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjamu rombongan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes TNI Cilangkap, Senin (11/12) sore. Momen tersebut terasa spesial mengingat beberapa bulan terakhir hubungan antara kedua instansi sempat memanas.

Sesuai janjinya di hadapan Komisi I DPR Rabu lalu (6/12), Hadi berniat untuk segera mengeratkan kembali hubungan dengan Polri. Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian rela menunggu beberapa saat sampai kedatangan Hadi. Dia didampingi di antaranya oleh Wakapolri Komjen Syafruddin, Irwasum Komjen Putut Eko Bayuseno, serta Kadivhumas Irjen Setyo Wasisto, serta beberapa pejabat utama Mabes Polri.

Tito mengungkapkan, sebenarnya masih banyak kegiatan menanti para Pati Polri hari itu. Namun, menurutnya mempererat kerjasama dengan TNI adalah agenda yang amat penting. "Ada yang mau keluar kota juga, tapi semuanya saya larang. Wajib hadir di sini," katanya.

Tito juga meminta maaf tidak sempat hadir pada upacara sertijab Hadi Sabtu (9/12) lalu. Tito mengaku saat itu tengah menghadiri pertemuan dengan kepolisian diraja Malaysia. Untuk menebus hal tersebut, Tito membawa seluruh jajarannya untuk berkunjung ke Mabes TNI. "TNI adalah lembaga vertikal terbesar, tentu adalah mitra paling penting dari kepolisian untuk menjalankan tugas-tugas negara," katanya.

Di samping itu, pertemuan tersebut, kata Tito adalah untuk mengirimkan pesan kepada seluruh jajaran Polri di semua level agar segera merapat dan mendekat ke TNI. "Dalam waktu dekat kami akan undang panglima untuk teleconference dengan jajaran polri seluruh indonesia. Agar semua bisa mendengar arahan," ungkap Tito.

Sementara itu, Hadi dengan semringah menyambut kehadiran rombongan Polri di ruang depan Gedung Soedirman Mabes TNI. Dia sendiri mengaku tidak menyangka bahwa rombongan Pati Polri lengkap hadir di tempat itu. "Ini kebahagiaan saya. Pertemuan seperti ini harus selalu dilakukan, bukan hanya seremonial," kata Hadi.

Mantan KSAU tersebut lantas mengajak Kapolri dan seluruh jajarannya untuk menggelar ngopi bareng dalam waktu dekat. Hadi menawarkan kapal TNI AL KRI Bima Suci maupun Pesawat C-130 Hercules milik TNI AU untuk dijadikan tempat ngopi.

Hadi menyebut, salah satu kabin Hercules bisa jadi tempat ideal untuk ngopi bareng. "Kursinya sama dengan yang ada di sini (tempat acara, Red), ayo ngopi di darat, laut, maupun udara," kata Hadi disambut tepuk tangan.

Panglima TNI menawarkan kapal TNI AL KRI Bima Suci maupun Pesawat C-130 Hercules milik TNI AU untuk dijadikan tempat ngopi bareng Kapolri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News