Panglima TNI Mutasi 172 Perwira, Pangkogabwilhan III & Pangdam Cenderawasih Ikut Diganti

Panglima TNI Mutasi 172 Perwira, Pangkogabwilhan III & Pangdam Cenderawasih Ikut Diganti
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memutasi 172 perwira.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih masuk dalam gerbong pergantian.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/426/IV/2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI tertanggal 27 April 2023 yang salinannya diperoleh di Jakarta, Rabu.

Jabatan Pangkogabwilhan III akan diduduki Mayjen Agus Suhardi, yang sebelumnya menjabat Asops Panglima TNI, menggantikan Letjen I Nyoman Cantiasa yang selanjutnya akan bertugas sebagai Koorsahli Kasad.

Letjen Nyoman Cantiasa menggantikan Letjen Yogo Triyono yang dalam rangka masa persiapan pensiun.

Sementara jabatan Pangdam XVII/Cenderawasih akan diduduki oleh Mayjen TNI Izak Pangemanan menggantikan Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Mayjen Izak sebelumnya bertugas sebagai Kas Kogabwilhan III, jabatan yang selanjutnya akan dijalani oleh Marsma TNI Budhi Achmadi yang sebelumnya merupakan Waasops Panglima TNI.

Mutasi jabatan-jabatan tersebut dilakukan di tengah meningkatnya aksi teror oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, semenjak aksi pembakaran pesawat Susi Air di Lapangan Terbang Paro, Kabupaten Nduga, serta penyanderaan pilot berkewarganegaraan Selandia Baru Phillip Mark Mehrtens pada 7 Februari 2023.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengganti Pangkogabwilhan III dan Pangdam Cenderawasih di tengah aksi teror KKB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News