Panglima TNI Terima Bintang Kehormatan dari Filipina

Panglima TNI Terima Bintang Kehormatan dari Filipina
Pangab Filipina, Jenderal Gregorio P. Catapang, Jr, mewakili Pemerintah Filipina, mengalungkan Bintang Kehormatan 'The Philippine Legion Of Honor (PLOH)' (Degree of Commander) kepada Panglima TNI, Jenderal TNI Dr Moeldoko, dalam upacara mingguan kenaikan bendera di depan Mabes AB Filipina, Camp General Emilio Aguinaldo, Quezon City, Senin (3/11). Foto Puspen Mabes TNI for JPNN.

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI, Jenderal Moeldoko mendapat apresiasi dari negara tetangga, usai menerima Bintang Kehormatan The Philippine Legion Of Honor (PLOH), dari Pemerintah Filipina. Penghargaan diserahkan oleh 'Pangab' Filipina, Jenderal Gregorio P. Catapang, Jr, yang mewakili Pemerintah Filipina dalam upacara mingguan kenaikan bendera di depan Mabes AB Filipina, Camp General Emilio Aguinaldo, Quezon City, Senin (3/11).

Menurut Kapuspen TNI, Mayjen TNI M Fuad Basya, bintang kehormatan tersebut didasari atas komitmen dan kontribusi serta semangat yang ditujukkan Panglima TNI, dalam usaha memperkokoh dan meningkatkan hubungan kerjasama antara angkatan bersenjata kedua negara (TNI dan AFP).

"Di samping itu, didukung oleh upaya Panglima TNI dalam peran dan andil besar pada perwujudan keamanan dan perdamaian di kawasan ASEAN," ujar Fuad Basya, dalam rilisnya, Senin (3/11).

Menurut Kapuspen TNI, Pangab Filipina mengapresiasi langkah Indonesia yang senantiasa membantu pemerintah Filipina dalam penyelesaian konflik dalam negeri di wilayah selatan Filipina dengan mengirimkan Satgas TNI yang tergabung dalam Tim Pemantau Internasional (IMT). "Hasilnya, pemerintah Filipina dan kelompok MILE menandatangi perjanjian damai," tegasnya.

Pemerintah Filipina memandang bahwa Indonesia merupakan mitra tidak hanya dalam suasana damai, namun juga saat Filipina dilanda musibah bencana Badai Yolanda. "Atas perintah Panglima TNI, 3 buah pesawat angkut berat C-130 Hercules dikirim ke Filipina untuk membawa bantuan kemanusiaan," jelasnya.

Sementara, Menteri Pertahanan Nasional Filipina Voltaire J. Gazmin menyatakan selamat atas penerimaan anugerah bintang kehormatan “The PLOH” yang merupakan refleksi atas apresiasi Filipina terhadap kontribusi Panglima TNI dalam meningkatkan hubungan dan kerjasama antara TNI dan AFP. (fas/jpnn)

 


JAKARTA - Panglima TNI, Jenderal Moeldoko mendapat apresiasi dari negara tetangga, usai menerima Bintang Kehormatan The Philippine Legion Of Honor


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News