Panik, Gempa 6,6 SR Guncang NTB, NTT dan Bali

Panik, Gempa 6,6 SR Guncang NTB, NTT dan Bali
Ilustrasi. Foto: pixabay

jpnn.com - JPNN.com - Gempa berkekuatan 6,6 SR mengguncang NTB, NTT dan Bali, Jumat (30/12) pagi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa terjadi pada pukul 05.30 WIB. Titik gempa diperkirakan pada koordinat 9.37 LS,118.63 BT, atau 59 km Barat Laut Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kedalaman 91 km.

"Informasi yang kami peroleh dari BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami. Sumber gempa berasal dari subduksi pertemuan lempang Hindia Australia dan Eurasia," ujar Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Jumat pagi.

Menurut Sutopo, ‎posko BNPB juga telah mengonfirmasi, dampak gempa dirasakan sedang hingga kuat di Kota Bima, Sumbawa, Sumbawa Barat, Praya, Lombok, Kota Mataram (NTB), Sumba Barat Daya, Dompu (NTT) hingga sejumlah wilayah di Bali.

Gempa dirasakan cukup kuat di Sumba Barat Daya selama lebih kurang lima detik. Masyarakat sempat panik. Namun belum ada laporan dampak. Demikian juga daerah-daerah lain seperti di Bali, gempa dirasakan sekitar lima detik. Hingga membuat warga berhamburan keluar rumah.

‎"‎Aparat dan masyarakat yang sedang melakukan penanganan darurat pascabanjir di Kota Bima juga merasakan guncangan cukup keras dan berhamburan ke luar bangunan dan rumah. Pasien dikeluarkan dari bangunan," ucap Sutopo.

Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan. BPBD masih terus melakukan pemantauan. ‎Sutopo mengimbau masyarakat selalu waspada. Respons terbaik saat merasakan gempa adalah keluar rumah atau bangunan secepatnya dan berkumpul di tempat yang aman.

JPNN.com - Gempa berkekuatan 6,6 SR mengguncang NTB, NTT dan Bali, Jumat (30/12) pagi.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News