Pansel Janji Coret Calon Pencari Harta

Pansel Janji Coret Calon Pencari Harta
Pansel Janji Coret Calon Pencari Harta
JAKARTA - Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rhenald Kasali mengatakan, pihaknya tidak akan memilih para calon yang punya motivasi berkuasa, apalagi punya keinginan untuk mencari uang. Menurutnya, calon pimpinan KPK harus punya motivasi tidak ingin dilayani dan tidak punya keinginan untuk membalas dendam jika terpilih.

"Gaji pimpinpinan KPK itu kecil, hanya sekitar Rp 40 juta," kata Rhenald pada diskusi bertajuk "Mencari Pimpinan KPK" di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (29/5). Hadir pula di diskusi itu Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Denny, Idrayana, Fadjroel Rachman selaku Koordinator Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi (Kompak).

Menurut Rhenal - anggota Pansel yang berasal dari kalangan profesional - mengakui, banyak kalangan yang mndesak agar dalam merekrut dua calon pimpinan KPK yang akan diusulkan ke DPR, tidak lagi menunggu, malainkan menjemput bola. "Bahkan minta agar Pansel merebut bola," ujarnya.

Dikatakan, agar mendapatkan calon yang berkualitas, memang Pansel berhak untuk mendorong orang yang mumpuni ikut mendaftar. Hanya saja, hal itu akan dilakukan secara hati-hati, karena bisa memunculkan persepsi Pansel sudah mengantongi nama tertentu sehingga calon yang lain menjadi malas mendaftar. "Pansel memang punya prioritas, tetapi kita ingin dengan pendaftaran ini memberikan hak yang sama kepada masyarakat," tambahnya.

JAKARTA - Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rhenald Kasali mengatakan, pihaknya tidak akan memilih para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News