Pansus 1 Juta Guru Honorer Digeber, yang Lulus PG PPPK 2021 Tenang Saja

Pansus 1 Juta Guru Honorer Digeber, yang Lulus PG PPPK 2021 Tenang Saja
Ilustrasi - Pansus DPR akan mendorong percepatan rekrutmen 1 juta guru honorer menjadi PPPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Komisi X DPR RI menggeber pembentukan panitia khusus (Pansus) yang anggotanya gabungan lintas komisi untuk menuntaskan program pengangkatan  1 juta guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda mengatakan program seleksi 1 juta guru honorer menjadi PPPK perlu dipercepat agar segera ada kepastian nasib dari ratusan ribu guru honorer yang selama ini terkatung-katung karena ketidaksigapan langkah pemerintah.

Dia juga memastikan pansus gabungan tersebut tidak akan mengganggu jadwal pengangkatan guru lulus passing grade (PG) seleksi PPPK 2021.

"Pansus ini bakal lama pembahasannya, makanya pengangkatan PPPK dari guru lulus passing grade tetap berjalan," kata Syaiful Huda kepada JPNN.com, Minggu (28/8).

Dia menceritakan ide pembentukan pansus gabungan tersebut karena dalam raker Komisi X DPR dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim pada 23 Agustus 2022 terungkap lambatnya proses penyelesaian masalah guru honorer.

Lambatnya proses pengangkatan guru honorer ini karena terbentur dengan sejumlah regulasi. Salah satunya soal anggaran gaji.

Berdasar penjelasan dari Menteri Nadiem, kata Huda, Komisi X DPR makin kencang menyuarakan pansus gabungan agar semua instansi mendukung upaya penyelesaian honorer lewat mekanisme 1 juta guru PPPK.

"Kami mendorong untuk membentuk Pansus Gabungan lintas komisi DPR RI,” ujar Huda.

Berita P3K Terbaru: Kerja Pansus pengangkatan 1 juta guru honorer yang dibentuk DPR dipastikan tidak akan mengganggu proses pengangkatan PPPK guru lulus PG.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News