JPNN.com

Pansus Pemindahan Ibu Kota Tetapkan Tiga Topik Pembahasan

Kamis, 19 September 2019 – 16:31 WIB Pansus Pemindahan Ibu Kota Tetapkan Tiga Topik Pembahasan - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Panitia Khusus Pengkajian Pemindahan Ibu Kota Dewan Perwakilan Rakyat Zainuddin Amali menyatakan bahwa pembahasan yang akan dilakukan lebih banyak bersifat kualitatif ketimbang kuantitatif.

“Secara proporsional pansus sudah menetapkan pembahasan pada tiga hal, yakni pembiayaan, lokasi dan lingkungan serta aparatur dan regulasi,” kata Amali di Kompleks Parlemem, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9).

Menurutnya, dalam surat Presiden Joko Widodo kepada pimpinan DPR, pemerintah tidak meminta persetujuan tetapi minta dukungan atas penyampaian hasil kajian.

“Jadi rekomendasi, dan tentu ada catatannya. Misalnya, kami di pansus menganggap ini masih banyak yang kurang, misalnya ya," jelas Amali.

Politikus Partai Golkar itu menuturkan bahwa ini sekaligus klarifikasi atas pernyataan sebelumnya yang menyebut 70 persen pembahasan bersifat kuantitatif, dan 30 persen kualitatif.

Menurut Amali, kemarin dia membayangkan bahwa waktu yang dimiliki panjang sehingga akan lebih banyak kajian-kajian yang kuantitatif, sampai memberi contoh angka sekitar 70 yang kuantitatif dan 30 persen untuk kualitatif.

"Ternyata dengan limitasi waktu yang dimiliki, tidak memungkinkan untuk itu," kata Amali di Kompleks Parlemem, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9).

Karena itu, ujar Amali, ke depan kajian akan lebih banyak bersifat kualitatif. Sebab, Amali tidak berani menentukan lebih banyak pembahasan kuantitatif sementara waktunya cuma seminggu.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...