Pantas Xi Jinping Sewot, Rupanya PM Kanada Umbar Aib China

Pantas Xi Jinping Sewot, Rupanya PM Kanada Umbar Aib China
Presiden Tiongkok Xi Jinping meluapkan kekesalannya kepada Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di sela-sela KTT G20 di Nusa Dua, Bali. Foto: Twitter/AnnieClaireBO

jpnn.com, BALI - Presiden China Xi Jinping mendamprat Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau jadi salah satu insiden yang paling mendapat sorotan di KTT G20 di Bali.

Dalam video yang beredar, Xi terlihat memprotes tindakan Trudeau membocorkan isi pembicaraan mereka kepada awak media.

Xi tidak menyebutkan secara spesifik informasi apa yang seharusnya dirahasiakan Trudeau. Namun, dari laporan media cukup jelas apa yang membuat orang nomor satu di Partai Komunis China itu sewot.

Reuters melaporkan bahwa dalam pertemuan dengan Xi di Bali, Selasa (15/11), Trudeau menyampaikan kecemasannya soal campur tangan China dalam urusan domestik Kanada.

Pemimpin berusia 50 tahun itu mengatakan aktivitas China telah menjadi perhatian serius Kanada.

Intervensi yang dimaksud kemungkinan besar menyangkut pernyataan pejabat intelijen Kanada kepada media baru-baru ini bahwa ada kecurigaan China ikut campur dalam Pemilu 2019.

Selain itu, seorang karyawan produsen listrik terbesar Kanada ditangkap polisi pada Senin atas tuduhan mencoba mencuri rahasia dagang untuk China.

Kedutaan Besar China di Ottawa tidak segera menanggapi permohonan konfirmasi mengenai pertemuan atau pokok pembicaraan.

PM Kanada Justin Trudeau didamprat Presiden China Xi Jinping di sela-sela acara G20 di Bali. Ternyata ini pemicunya

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News