Pantau Lalu Lintas, Pemkot Tangerang Pasang 28 CCTV

Pantau Lalu Lintas, Pemkot Tangerang Pasang 28 CCTV
Pantau Lalu Lintas, Pemkot Tangerang Pasang 28 CCTV
TANGERANG - Guna memantau kemacetan lalu lintas, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana memasang puluhan Intelligent Transportation System (ITS) di sejumlah persimpangan jalan atau lampu merah. Kepala Dishub Kota Tangerang, Gatot Suprijanto menyatakan pemasangan ITC di sejumlah persimpangan jalan dikendalikan petugas Central Control Room (CCR) guna memantau dan memonitoring kemacetan lalu lintas. 

”Program ITS sudah diberlakukan sejak pertengahan tahun lalu dengan perangkat CCTV,” kata Gatot kepada INDOPOS, Senin (4/6). Gatot juga menyatakan progam ITS ini  telah diterapkan pada persimpangan lampu merah Jalan TMP Taruna, Pusat Pemerintahan, Tanah Gocap, Tanah Tinggi, Benteng Betawi, PLN, Karawaci dan Moderland.  ”Saat ini baru 8 titik yang beroperasi. Tahun 2012 ini ditambah 28 titik lagi,” ujar  Gatot.

    

Menurutnya, ITS setiap saat memantau pergerakan kendaraan roda dua, angkutan umum, dan jenis kendaraan lain. Laporan kemacetan akan dikoordinasikan dengan petugas kepolisian setempat.

Pengembangan ITS ini tidak saja untuk memperlancar arus lalu lintas atau mengurangi risiko kemacetan, tapi juga sekaligus untuk meningkatkan efisiensi mobilitas dan mengurangi polusi udara. Pemda menganggarkan Rp 6 miliar untuk program tersebut.  ”Negara-negara maju sudah mulai mengunakan ITS, Kota Tangerang juga berusaha menggunakannya,” ucapnya lagi.

TANGERANG - Guna memantau kemacetan lalu lintas, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana memasang puluhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News