Pantau UN, Pejabat Dilarang Masuk Kelas

Pantau UN, Pejabat Dilarang Masuk Kelas
Pantau UN, Pejabat Dilarang Masuk Kelas

jpnn.com - BANDA ACEH  – Pejabat dilarang memasuki ruang ujian ketika memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) disekolah, karena akan menghilangkan daya konsentrasi siswa.

“Secara peraturan, dalam UN 2014 ini tidak boleh ada pejabat manapun yang memasuki ruang ujian ketika mengunjungi sekolah,” ujar Ketua Pengawas UN Provinsi Aceh, Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd dalam Rapat Koordinasi Pengawasan UN, Senin (7/4).

Untuk memantau pelaksanaan UN, kata dia, ada sebanyak 1.246 orang lebih, dikerahkan untuk melakukan pengawasan di Aceh. “Banyaknya pengawas dilibatkan, menunjukkan keseriusan pengawasan UN di Aceh agar berjalan maksimal. Tahun ini Unsyiah dan dosen di perguruan tinggi lainnya hanya bertugas sebagai pengawas,”terangnya.  

Tahun-tahun sebelumnya, Unsyiah ditunjuk juga sebagai penyelenggara, namun tahun ini hanya sebagai pengawas, sementara tugas penyelenggara dikembalikan kepada Dinas Pendidikan.

Pengawas UN terbagi dua yaitu pengawas ruangan yakni dari guru dan pengawas satuan pendidikan yakni dari dosen yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) atau dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) yang berjumlah 24 orang.

Menurut Yusrizal, dalam kondisi tertentu (bila ditengarai ada indikasi pelanggaran POS UN), maka pengawas satuan pendidikan diperkenankan memasuki ruang ujian. Namun, kecuali pengawas satuan pendidikan (Dosen), dalam UN 2014 tidak dibenarkan seorangpun yang boleh masuk ke ruang ujian.

Yusrizal mengibaratkan kecurangan dalam UN seperti hantu. Dibilang tidak ada, tapi terkadang ada dan sebaliknya. Pengawas hanya tahu kecurangan tersebur berdasarkan laporan yang akan diteruskan ke pusat. Makanya, pengawas satuan pendidikan harus betul-betul dosen yang punya NIDN.

Jadwal UN tahun ajaran 2013/2014 untuk tingkat SMA/MA, SMK/MAK, dan SMALB akan dilaksanakan pada 14-16 April 2014. Pengumuman hasil UN yakni pada 20 Mei. Sedangkan Untuk UN SMP, MTs, dan SMPLB dilaksanakan pada tanggal 5-8 Mei 2014. Info lengkap tentang UN dapat dilihat di situs http://bsnp-indonesia.org/id/.  (slm/rel)


BANDA ACEH  – Pejabat dilarang memasuki ruang ujian ketika memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) disekolah, karena akan menghilangkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News