Pantauan Arus Mudik, Lalin Tol di Palembang Hari Ini Lancar, Pelabuhan Merak Padat

Pantauan Arus Mudik, Lalin Tol di Palembang Hari Ini Lancar, Pelabuhan Merak Padat
Foto udara kendaraan melintas di jalur lingkar utara di Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (23/4/2022). (ANTARA/Oky Lukmansyah)

jpnn.com, JAKARTA - Lalu lintas di tol mulai dari Palembang hingga Probolinggo terpantau lancar menjelang arus mudik Lebaran 2022 berdasarkan hasil pemantauan polisi melalui Command Center, Minggu.

"Situasi tol di Palembang sampai di Probolinggo Jawa Timur saat ini, Minggu, 24 April 2022, pukul 10.38 WIB dalam keadaan lancar," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Pemantauan di Command Center yang dilakukan oleh Polri tersebut merupakan bagian dari Operasi Ketupat 2022, yang merupakan salah satu wujud kesiapan Polri dalam mengamankan arus mudik Lebaran 2022.

Berdasarkan Command Center, Dedi mengatakan situasi arus lalu lintas menjelang Idulfitri 1443 Hijriah, khususnya di tol mulai dari Palembang hingga Probolinggo, masih dalam keadaan lancar.

Sementara itu, tambahnya, terdapat sedikit kepadatan kendaraan yang terjadi di sekitar ruas jalan Pelabuhan Merak, yang menjadi lokasi penghubung pemudik untuk pulang kampung ke provinsi wilayah Jawa dan Sumatera, begitu juga sebaliknya.

"Dalam pantauan Command Center, terpantau pula terdapat ruas jalan tersendat di sekitar Pelabuhan Merak," katanya.

Meskipun begitu, dia memastikan petugas kepolisian yang dikerahkan secara langsung ke lapangan segera melakukan pengaturan lalu lintas di titik-titik yang mengalami kemacetan ataupun kepadatan.

"Anggota pos pengamanan telah ter-plotting dan mengatur kelancaran arus. Kepolisian berusaha untuk mewujudkan mudik yang aman dan sehat pada tahun ini bagi masyarakat," katanya.

Polri melaporkan lalu lintas di tol mulai dari Palembang hingga Probolinggo terpantau lancar menjelang arus mudik Lebaran 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News