Pantauan Pasar Jelang Idulfitri, Menteri Perdagangan Bawa Kabar Baik

Pantauan Pasar Jelang Idulfitri, Menteri Perdagangan Bawa Kabar Baik
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan hasil pemantauan pasar di seluruh Indonesia per 18 April 2022. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan hasil pemantauan pasar di seluruh Indonesia per 18 April 2022.

Eks Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat itu menyebutkan rata-rata nasional seluruh bahan pokok stabil dan stoknya tersedia dengan aman.

"Kami akan terus memantau dan menginformasikan perkembangan harga dan pasokan bahan pokok untuk memastikan masyarakat bisa merayakan Ramadan dan Idulfitri dengan khusyuk dan nyaman," kata Lutfi secara virtual, di Jakarta, Selasa.

Mendag memerinci harga beras medium rerata Rp 10.400 per kilogram atau turun 1,89 persen dari periode Idulfitri tahun lalu.

Harga beras premium stabil di Rp 12.400 per kilogram dengan harga terendah Rp 11.500 per kilogram di wilayah sentra produksi seperti Jawa dan Sulawesi.

"Harga tertinggi adalah Rp 13.500 per kilogram di Maluku dan Papua," beber Lutfi.

Kemudian, harga gula pasir Rp 14.700 per kilogram atau terjadi kenaikan 2,8 persen dari bulan lalu dengan stok nasional masih cukup hingga dua bulan ke depan.

Harga daging sapi adalah Rp 133.100 per kilogram, naik tipis 0,6 persen dari minggu lalu. Akan tetapi secara keseluruhan masih lebih rendah 0,82 persen dari harga saat Ramadan tahun lalu.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan hasil pemantauan pasar di seluruh Indonesia per 18 April 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News