Pantura Kelebihan Beban 400 Juta Ton

Pantura Kelebihan Beban 400 Juta Ton
Pantura Kelebihan Beban 400 Juta Ton

jpnn.com - JAKARTA - Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) mencatat, jalur pantai utara (Pantura) Jawa menopang seperempat perekonomian nasional. Sedabnkan nilai ekspor impor yang menggunakan jalur Pantura mencapai 38,5 persen dari nilai ekspor impor nasional.

Akibatnya, mobilitas logistik nasional sebagian besar terkonsentrasi di Pantura yang diperkirakan 800 juta ton per tahun. Padahal, kapasitas jalur Pantura hanya 400 juta ton per tahun. Artinya, kelebihan muatan di Pantura mencapai 400 juta ton.

"Bisa jadi ini merupakan jalur terpadat di dunia," ujar Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Aziz kemarin (20/2).

Kelebihan muatan itu, lanjut Harry, bakal mengurangi umur jalan di Pantura menjadi 1,5-2 tahun dari yang seharusnya 10 tahun. Jika kondisi ini dibiarkan terus, bukan tidak mungkin biaya perawatan jalan Pantura akan terus melonjak. "Saat ini biaya perawatan jalur Pantura sudah Rp 1,2 triliun per tahun," ungkapnya.
       
Kerusakan jalur Pantura Jawa diperkirakan terus terjadi karena tidak mampu memikul beban mobilitas logistik yang semakin meningkat, "Belum lagi ditambah kerugian akibat banjir Januari lalu yang diperkirakan mencapai Rp 6 triliun," sebutnya.

Untuk mengatasi hal itu, dia mendesak pemerintah pusat segera mewujudkan coastal shipping (pengangkutan logistik melalui laut). Dalam program itu, kapal diharuskan menyusuri garis pantai dari pelabuhan asal hingga pelabuhan tujuan di pantai utara Jawa.

"Selain lebih efisien, coastal shipping juga mampu mengintegrasikan keberlangsungan distribusi barang dan jasa secara optimal," sebutnya.

Coastal shipping, kata Harry, mendesak untuk segera diwujudkan sebagai antisipasi munculnya kerugian lebih besar akibat kerusakan jalan dan banjir. Apalagi coastal shipping telah memiliki payung hukum dalam Peraturan Presiden No 26/2012 tentang Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional. "Artinya, tidak ada lagi alasan untuk menunda-nunda," lanjutnya.

Melalui coastal shipping, pemerintah dan masyarakat akan memperoleh banyak manfaat. Selain mengurangi biaya perawatan dan pembangunan jalan, coastal shipping juga akan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan di jalan raya.

JAKARTA - Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) mencatat, jalur pantai utara (Pantura) Jawa menopang seperempat perekonomian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News