Soekarno-Hatta di Peringkat ke-8 Bandara Tersibuk di Dunia

Soekarno-Hatta di Peringkat ke-8 Bandara Tersibuk di Dunia
Soekarno-Hatta di Peringkat ke-8 Bandara Tersibuk di Dunia

jpnn.com - JAKARTA - Bandara Internasional Soekarno-Hatta tercatat dalam daftar 10 bandara tersibuk di dunia tahun 2013 versi Airport World. Bandara yang di dunia dikenal dengan nama Soekarno-Hatta International Airport (SHIA) itu bertengger di peringkat delapan versi media terbitan Airport Council International tersebut.  

Sebelumnya, pada 2012 silam bandara berkode CGK yang dikelola PT Angkasa Pura II itu bertengger di peringkat kesembilan. "Sepanjang tahun lalu jumlah pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencapai 62,1 juta penumpang, atau meningkat 3,5 persen dibandingkan dengan 2012 yakni 60 juta penumpang," ujar Sekretaris Perusahaan PT AP II, Daryanto melalui keterangan tertulisnya, Kamis (20/2).

Kini, setiap hari SHIA melayani sekitar 1.200 penerbangan yang dioperasikan oleh  44 maskapai asing dan 19 maskapai lokal. Selain itu lanjut Daryanto, Bandara Soetta juga tercatat sebagai bandara tersibuk ke empat di kawasan Asia Pasifik setelah Beijing Capital International Airport, Haneda International Airport di Tokyo dan Dubai International Airport.

“Posisi Bandara Internasional Soekarno-Hatta di peringkat kedelapan dunia dan ke empat di Asia Pasifik, ini menandakan pertumbuhan industri penerbangan yang cukup signifikan di Indonesia. Rata-rata pertumbuhan industri penerbangan nasional memang mencapai 2,5 kali dari pertumbuhan ekonomi,” papar dia.

Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II ini pada 2013 tercatat lebih sibuk dibandingkan dengan Bandara Charles de Gaulle di Paris, Prancis, dan juga Bandara Dallas/Forth Worth di Texas, Amerika Serikat. Sedangkan predikat bandara tersibuk di dunia tetap dipegang oleh Bandara Hartsfield Jackson di Atlanta, AS, dengan jumlah pergerakan penumpang 94,4 juta penumpang atau mengalami penurunan 1,13 persen. (chi/jpnn)

Berikut peringkat bandara tersibuk di dunia sepanjang tahun 2013 berdasarkan Airport World :

 

  1. Bandara Atlanta-Hartsfield Jackson (94,4 juta penumpang)
  2. Bandara Beijing (87,7 juta penumpang)
  3. Bandara London Heathrow (72,3 juta penumpang)
  4. Bandara Tokyo Haneda (69,0 juta penumpang)
  5. Bandara Chicago O'Hare (66,9 juta penumpang)
  6. Bandara Los Angeles International (66,6 juta penumpang)
  7. Bandara Dubai International (66,4 juta penumpang)
  8. Bandara Soekarno-Hatta (62,1 juta penumpang)
  9. Bandara Paris Charles de Gaulle (62 juta penumpang)
  10. Bandara Dallas/Forth Wort (60,4 juta penumpang)

JAKARTA - Bandara Internasional Soekarno-Hatta tercatat dalam daftar 10 bandara tersibuk di dunia tahun 2013 versi Airport World. Bandara yang di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News