Papua Diminta Terus Tingkatkan Populasi Sapi Potong

Papua Diminta Terus Tingkatkan Populasi Sapi Potong
Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pernakan Fini Murfiani yang mewakili Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita di Papua. Foto dok Humas Kementan

jpnn.com, PAPUA - Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita yang kehadirannya diwakili oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pernakan Fini Murfiani, meminta Provinsi Papua terus menggenjot peningkatan capaian pelaksanaan Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi-Kerbau Indukan Wajib Bunting), dengan melakukan kegiatan penyerentakan berahi (sinkronisasi berahi) untuk kemudian dilaksanakan Inseminasi Buatan (IB) pada sapi dan kerbau milik masyarakat.

Kegiatan Pencanangan Operasi Tekad Sukses ini untuk mensukseskan program UPSUS SIWAB di Kabupaten Merauke Provinsi Papua ini juga dihadiri Wakil Bupati Merauke, Kepala Balai Besar Veteriner Maros.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Papua, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Kabupaten Merauke, Tim Supervisi dan Pendampingan Upsus Siwab Provinsi Papua, serta para peternak dan masyarakat.

Menurutnya, Provinsi Papua memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar berupa lahan dan sumber pakan yang cukup besar. Potensi ini sangat baik untuk dapat dimanfaatkan dalam pengembangan sub sektor peternakan, khususnya untuk pengembangan sapi potong dengan cara membuat kawasan pengembalaan ternak.

“Pengembangan usaha peternakan sapi potong memiliki peran strategis dalam pembangunan perekonomian masyarakat di Papua, termasuk juga untuk pemenuhan pangan asal ternak yang merupakan kebutuhan dasar utama manusia dan bagian dari hak asasi setiap rakyat Indonesia," ujar I Ketut Diarmita.

Lebih lanjut I Ketut Diarmita menjelaskan untuk mendukung keberhasilan program Upsus Siwab di Provinsi Papua Ditjen PKH Kementerian Pertanian akan segera membangun Balai Veteriner di Jayapura.

Kegiatan tersebut akan dimulai dengan pembelian tanah pada 2017 melalui dana APBNP 2017, selain itu juga Ditjen PKH sedang mengkaji dan mengupayakan untuk hadirnya UPT Perbibitan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak di Kabupaten Merauke Provinsi Papua.

I Ketut Diarmita berharap Pemerintah Kabupaten Merauke bisa menyediakan lahan untuk rencana pembangunan UPT Perbibitan tersebut.

Provinsi Papua memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar berupa lahan dan sumber pakan yang cukup besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News