Para Ahli Sedang Selidiki AstraZeneca, Boris Johnson Yakin Aman

Para Ahli Sedang Selidiki AstraZeneca, Boris Johnson Yakin Aman
Vaksin buatan AstraZeneca. Foto: Reuters/Peter Cziborra

jpnn.com, OXFORD - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan bahwa vaksin AstraZeneca aman meski para ahli masih menyelidiki hubungan antara vaksin tersebut dengan laporan adanya penggumpalan darah.

Beberapa ahli keamanan obat Inggris percaya ada hubungan antara AstraZeneca dan peristiwa pembekuan darah yang jarang terjadi termasuk cerebral venous sinus thrombosis (CVST).

Menurut laporan Guardian pada Selasa (6/4), Universitas Oxford menjalankan uji coba di lebih dari 200 anak-anak dan remaja berusia enam hingga 17 tahun untuk melihat seberapa besar manfaat dari suntikan AstraZeneca.

"Meskipun tidak ada masalah keamanan dalam uji klinis pediatrik, kami menunggu informasi tambahan dari Badan Regulasi Obat dan Kesehatan (MHRA) tentang peninjauan kasus langka trombosis/trombositopenia pada orang dewasa sebelum memberikan uji coba vaksinasi lebih lanjut," kata Juru Bicara Oxford.

Dalam kunjungan ke pabrik AstraZeneca di Macclesfield, Cheshire pada hari Selasa (6/4), Johnson mengatakan vaksin adalah hal utama.

Suntikan ini telah diberikan kepada lebih dari 18 juta orang dewasa di Inggris. Namun dilaporkan ada 30 kasus pembekuan darah langka dan tujuh kematian.

"Anjuran MHRA kepada orang-orang adalah untuk terus melakukanya (vaksinasi). Lakukan suntikan pertama dan kedua,” ujar Johnson. (Guardian/mcr9/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meyakini vaksin AstraZeneca masih aman digunakan.


Redaktur & Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News