Para Alumni UI dan ITB Bagikan Tips Sukses SBMPTN 2020

Para Alumni UI dan ITB Bagikan Tips Sukses SBMPTN 2020
Ilustrasi SBMPTN. Foto: pojoksatu

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 636.586 calon mahasiswa akan bersaing memperebutkan bangku kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) idaman lewat jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 kurang dari sebulan lagi.

Dalam ujian UTBK tahun ini peserta didik hanya memiliki satu kesempatan tes saja. Untuk itu, para pendaftar harus melakukan persiapan maksimal dengan strategi belajar yang tepat.

goKampus selaku aplikasi penyedia seluruh kebutuhan mahasiswa, berbicara pada sejumlah alumni dan mahasiswa PTN seputar usaha mereka saat menghadapi ujian masuk.

Berikut rangkuman kiat sukses SBMPTN bagi para calon mahasiswa:

1. Memahami seluk beluk UTBK

UTBK tahun ini hanya akan mengujikan Tes Potensi Skolastik (TPS) saja. Dengan begitu, para siswa tidak perlu lagi mempersiapkan diri untuk Tes Kompetensi Akademik (TKA) seperti tahun-tahun sebelumnya.

TPS memiliki empat sub tes yakni penalaran umum, pemahaman bacaan, pengetahuan umum, dan pengetahuan kuantitatif. Di tahun ini, akan ada sekitar 20 persen dari komposisi pertanyaan yang akan menggunakan bahasa Inggris.

Durasi ujian dan jumlah soal tahun ini berubah. Bila tahun lalu jumlah soalnya ada 80 dan durasinya 120 menit, tahun ini durasinya berkurang menjadi 105 menit. Jumlah soal juga akan berkurang namun belum diumumkan jadi berapa.

Para pendaftar SBMPTN 2020 harus melakukan persiapan maksimal dengan strategi belajar yang tepat. GoKampus selaku aplikasi penyedia seluruh kebutuhan mahasiswa, berbicara pada sejumlah alumni dan mahasiswa PTN seputar usaha mereka saat menghadapi ujian ma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News