Para Insinyur Indonesia Ingin Tunjuk Karya Nyata Forum E20 di Perhelatan G20

Para Insinyur Indonesia Ingin Tunjuk Karya Nyata Forum E20 di Perhelatan G20
International Webinar on Food Security: Feed 10 Billion and Launching Engineering 20 (E20) . Foto: dok PII

jpnn.com, JAKARTA - Persatuan Insinyur Indonesia atau PII menginisiasi forum Engineering 20 (E20) sebagai acara tambahan atau side event dari KTT G20 yang akan digelar di Indonesia sebenatr lagi. PII E20 sedang dalam proses menjadi bagian dari group G20.

E20 akan berfungsi sebagai platform kolaborasi bagi para insinyur untuk menghasilkan karya nyata di semua area bidang teknik melalui perhelatan G20.

Sebagai bentuk dukungan serta kontribusi menyukseskan perhelatan tersebut, PII menyelenggarakan International Webinar on Food Security: Feed 10 Billion and Launching Engineering 20 (E20) yang dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (12/9).

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) periode 2021-2024, Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan webinar itu sebagai bentuk peran aktif para insinyur dalam membantu pemerintah menyelesaikan sejumlah permasalahan di berbagai sektor.

Salah satunya ialah sektor pertanian yang berkaitan erat dengan ketahanan pangan.

"Kami berbicara banyak hal tentang food security, yan mana ke depan kita harus betul-betul menjamin masalah ketersediaan pangan bagi masyarakat Indonesia maupun dunia pada tahun 2050 yang jumlahnya diperkirakan 10 miliar orang," kata Danis Sumadilaga, dalam keterangan persnya.

Danis menambahkan peran organisasi ini sangat strategis untuk pembangunan Indonesia, sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas insinyur di Indonesia.

"PII akan berkontribusi holistik untuk ikut menyukseskan G-20 yang diberi nama program Engineer 20. Kami tentu akan mendukung pembangunan pemerintah, presidensi G-20 itu itu kesempatan baik Indonesia,” ujar Danis.

E20 akan berfungsi sebagai platform kolaborasi bagi para insinyur untuk menghasilkan karya nyata di semua area bidang teknik melalui perhelatan G20.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News