Para Insinyur Indonesia Susun Strategi Hadapi Kehidupan Normal Baru

Para Insinyur Indonesia Susun Strategi Hadapi Kehidupan Normal Baru
Ketua PII Heru Dewanto. Foto: ANTARA/HO/Panitia Cafeo37

jpnn.com, JAKARTA - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) tengah menyusun strategi, untuk menghadapi kehidupan normal baru di tengah pandemi virus Corona ini.

Ketua Umum PPI Heru Dewanto mengatakan di tengah situasi pandemi saat ini, banyak sektor harus beradaptasi, termasuk bidang keinsinyuran yang dituntut memberi kontribusi untuk membantu masyarakat menghadapi kondisi normal baru.

“Sekarang banyak hal berubah. Insinyur sebagai kalangan cerdik cendekia wajib memberi kontribusi konkret dalam kehidupan masyarakat kini di masa pandemi dan nanti. Di sinilah insinyur harus berperan dan berinovasi agar dalam situasi apapun kita semua siap beradaptasi,” ujar Heru dalam keterangan yang diterima, Senin (11/5).

Heru menerangkan, PII telah menggelar FGD secara daring pada Rabu (6/5). FGD diikuti oleh hampir 400 orang peserta mengikuti paparan 23 bidang keinsinyuran PII, yang menjelaskan berbagai skema kondisi normal baru ke depan sesuai dengan bidangnya masing-masing, termasuk eselon-I dari berbagai kementerian.

Secara khusus, Heru menyoroti pentingnya identifikasi normal baru di setiap bidang, sekaligus mempersiapkan masyarakat untuk menghadapinya.

“Ini FGD yang holistik dari A sampai Z, di mana PII dan seluruh bidang keinsinyuran melakukan identifikasi, apa yang terjadi sekarang, apa yang terjadi pasca-pandemi, apa tantangannya bagi pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, juga bagaimana cara beradaptasi di setiap bidang keinsinyuran itu, sekaligus tentu saja apa peluang di masa depan dari berbagai tantangan yang kita hadapi sekarang ini,” tambah Heru.

Dari FGD ini, Heru mengatakan pihaknya akan menyiapkan rekomendasi kehidupan normal baru kepada pemerintah.

Dia mengharapkan peran insinyur ini bisa membantu kesiapan masyarakat dalam menjalani masa pandemi dan melanjutkan kehidupannya agar lebih baik.

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) tengah menyusun strategi, untuk menghadapi kehidupan normal baru di tengah pandemi virus Corona ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News