JPNN.com

Begini Harapan Pak Jokowi Untuk Insinyur se-ASEAN

Rabu, 11 September 2019 – 16:31 WIB Begini Harapan Pak Jokowi Untuk Insinyur se-ASEAN - JPNN.com
Presiden Jokowi didampingi Ketum PPI Heru Dewanto saat pembukaan The 37th Conference ASEAN Federation of Engineering Organizations (CAFEO37), di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Rabu (11/9). Foto: Setpres RI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi berharap para insinyur se-ASEAN bisa bekerja sama menciptakan inovasi baru guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka The 37th Conference ASEAN Federation of Engineering Organizations (CAFEO37), di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/9). Forum itu dihadiri para insinyur di kawasan negara-negara Asia Tenggara.

“Kerja sama antarinsinyur di ASEAN ini penting untuk terus ditingkatkan dan saya yakin setiap negara ASEAN punya kekuatan masing-masing. Asosiasi ini bisa memfasilitasi anggotanya untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta saling bersinergi," kata Jokowi.

Presiden yang juga bertitel insinyur itu menyebutkan, revolusi industri 4.0 yang melanda semua bidang kehidupan, membutuhkan peran para engineering. Apalagi ASEAN terbukti cukup sukses di berbagai bidang. Antara lain adanya 10 unicorn dari kawasan ini. Di Indonesia sendiri ada Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

Dengan keberadaan CAFEO37 ini, tambah Jokowi, terbuka kesempatan bagi insinyur ASEAN untuk bekerja sama.

“Saya harap kerja sama bukan saja antarinsinyur tapi juga antara engineering dengan bidang ilmu yang lain. Untuk melahirkan inovasi baru yang mendongkrak pertumbuhan ekonomi," tandasnya.

Pada kesempatan itu, Presiden ketujuh RI tersebut juga menerima penghargaan 'The AFEO Distinguished Honorary Patron Award'. Akan tetapi, suami Iriana itu merasa kurang tepat mendapatkannya.

"Sebenarnya penghargaan ini milik insinyur Indonesia yang sudah tanpa lelah bekerja di lapangan, di daerah terpencil, perbatasan, dan pedalaman untuk membangun negara kita Indonesia. Sebetulnya yang sepatutnya dapat penghargaan ini bukan saya," ungkap mantan wali kota Solo itu.(fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...