Para Kiai dan Santri Seluruh Jawa Berzikir Bersama, Doakan Bangsa Bebas Pandemi

Para Kiai dan Santri Seluruh Jawa Berzikir Bersama, Doakan Bangsa Bebas Pandemi
Kiai dan santri dari Majelis Dzikir Al-Tsawab kembali menggelar zikir bersama. Foto: dok Majelis Dzikir

jpnn.com, PURBALINGGA - Kiai dan santri dari Majelis Dzikir Al-Tsawab kembali menggelar zikir bersama. Menggandeng kepala desa se-Jawa, mereka mengkhususkan doa dan bacaan zikir untuk keselamatan bangsa, serta terbebas dari covid-19 termasuk varian omicron.

Doa bersama itu diikuti ratusan peserta yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Pulau Jawa. Keikutsertaan mereka dilakukan secara virtual, Minggu (6/2) malam.

Perwakilan Majelis Dzikir Al-Tsawab KH Muhammadun Sya'roni mengatakan pihaknya kembali menggelar zikir dan doa bersama untuk keselamatan bangsa dan menangkal varian Omicron.

"Diikuti oleh kiai dan kepala desa se-Jawa. Tujuan acara, kami mau ikut berpartisipasi untuk bangsa. Khususnya umat Islam dan bangsa," kata Kiai Mahdun, yang juga mengasuh Ponpes Dirgantara Purbalingga.

Melalui doa yang dilantunkan, bebernya, mereka memohon kepada Allah SWT membebaskan bangsa dari segala bala dan mengangkat permasalahan bangsa yang terasa berat. Termasuk hingga dua tahun terahir, pandemi belum juga usai. Ditambah berbagai varian Covid-19 justru bermunculan seperti halnya Omicron.

Tidak hanya itu, doa juga dimaksudkan untuk memohon agar bangsa yang dilanda berbagai krisis, mulai dari krisis etika bermedia sosial, maraknya paham radikal, sampai pada penegakan hukum yang kurang sehat, dan sebagainya, akan mampu menjadi lebih baik lagi.

"Mudah-mudahan Allah SWT membenahi ini semua, sehingga seperti harapan kita. Bangsa ini menjadi bangsa yang damai, bangsa bersatu, makmur. Baldatun warabbun ghofur," sambungnya.

Adapun keikutsertaan kepala desa dalam doa ini, karena mereka merupakan pihak yang berada di tempat paling srategis di tengah masyarakat sehingga keberadaannya dianggap paling strategis untuk diajak berdoa bersama.

Doa bersama itu diikuti ratusan peserta kiai dan santri yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Pulau Jawa untuk mendoakan negara Indonesia bebas pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News