Para Pak Lurah se-Indonesia, Tolong Simak Permintaan Satgas Covid-19 Ini

Para Pak Lurah se-Indonesia, Tolong Simak Permintaan Satgas Covid-19 Ini
Satgas Covid-19 meminta lurah se-Indonesia menyosialisasikan penanganan virus Corona kepada warganya. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kasubbid Tracing Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Koesmedi Priharto meminta para lurah dan pimpinan daerah bisa menyosialisasikan tentang virus SARS-Cov-2 dengan baik ke masyarakat.

Misalnya, kata dia, lurah dan pimpinan daerah bisa mencerdaskan rakyat tentang pencegahan dan bisa menangani pasien terkonfirmasi Covid-19.

"Harus ada pengertian dari lurah demi mencerdaskan masyarakatnya," kata Koesmedi saat menjadi pembicara diskusi daring yang disiarkan BNPB Indonesia di YouTube, Kamis (29/7).

Spesialis orthopedi dan traumatologi itu mengatakan urusan pencegahan Covid-19 pada dasarnya bukan masalah gampang. Terlebih lagi masih ada mutasi dari virus tersebut.

Bahkan, kata Koesmedi, laporan tenaga medis menyebut orang yang sudah negatif Covid-19 rupanya belum benar-benar dinyatakan sehat.

Masih ada gejala dan sisa luka di organ pernapasan ketika seseorang pernah terkonfirmasi positif Covid-19.

"Perlu orang itu dilakukan rehabilitasi agar sehat seperti semula," kata alumnus Universitas Indonesia itu.

Selain itu, urusan pencegahan tidak mudah karena pola penularan Covid-19 berubah. Pada awal 2020 penularan hanya menjangkiti masyarakat kota.

Satgas Covid-19 mengajak para lurah dan pimpinan daerah menyosialisasikan tentang virus Corona kepada warganya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News