Para Pelamar CPNS Jangan Terburu-buru Mendaftar

Para Pelamar CPNS Jangan Terburu-buru Mendaftar
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para pelamar CPNS 2017 tahap dua diingatkan lagi untuk tidak terburu-buru melakukan pendaftaran.

Pasalnya, waktu pendaftaran yang disiapkan panitia seleksi nasional (Panselnas) cukup lama, yakni dua pekan.

"Saya rasa, banyak yang sudah mempelajari formasi yang disiapkan 61 instansi pusat dan daerah. Jadi hari ini sampai 25 September mendatang khusus mendaftar," kata Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman di Jakarta, Senin (11/9).

Mengingat pendaftaran dilakukan online dan hanya sekali, Herman mewanti-wanti pelamar untuk lebih cermat dan teliti sebelum menentukan jabatan apa dan instansi mana yang akan dilamar.

Berbagai pertimbangan harus dikedepankan, mulai dari minat hingga peluang untuk bisa lolos.

"Ingat harus teliti serta tidak tergesa gesa dalam mendaftar. Sebab satu pelamar hanya diperbolehkan melakukan satu kali pendaftaran pada satu jabatan di satu kementerian dan lembaga," tegasnya.

Sebagai contoh, pelamar yang mendaftar di Kementerian Keuangan, pada jabatan Analis Hukum dan jenis formasi Cumlaude, tidak boleh mendaftar lagi pada Kementerian Pemuda dan Olahraga pada jabatan Analis Keolahragaan dan formasi umum.

Herman mengimbau masyarakat agar mendaftar pada K/L sesuai minat dan kualifikasi, untuk itu harus dipersiapkan berkas berkas sesuai dengan ketentuan masing masing K/L.

Waktu pendaftaran CPNS yang disiapkan panitia seleksi nasional (Panselnas) cukup lama, yakni dua pekan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News