Para Santri Antusias sambut Luhut, Ziarah ke Makam Gus Dur

Para Santri Antusias sambut Luhut, Ziarah ke Makam Gus Dur
Luhut Pandjaitan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JOMBANG – Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan berdialog dengan kalangan ulama di pondok pesantren. Dialog itu dilakukan di Jombang dengan menghadiri pertemuan dengan ulama se-Jawa Timur (Jatim) di aula Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambakberas.

Jawa Pos Radar Jombang melaporkan, warga kota santri antusias menyambut Luhut. Terutama kalangan santri PPBU Tambakberas, Jombang, yang sudah berjam-jam menunggu.

Sekitar pukul 17.00, Luhut bersama rombongan tiba di PPBU dengan didampingi Kabaintelkam Mabes Polri Komjen Djoko Mukti, Wagub Jatim Saifullah Yusuf, dan Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko.

’’Tujuan kami datang ke sini (Jombang, Red) untuk silaturahmi kepada Pak Kiai. Ini kan pesantren tertua NU, juga sekaligus membangun silaturahmi,’’ kata Luhut.

Sebelum pertemuan digelar, Luhut menanggapi maraknya aksi radikalisme. Menurut dia, peran Nahdlatul Ulama (NU) cukup penting untuk menanggulangi gerakan tersebut. ’’Jadi, dalam membangun kesatuan bangsa, NU menjadi salah satu pilarnya,’’ tegasnya.

Luhut juga menanggapi aksi penembakan di Papua yang belum terselesaikan. Dia menyatakan, pihaknya sudah mengejar pelaku. Hanya, karena terkendala masalah klasik, hingga kini belum ada titik terang.

’’Medannya susah. Tapi, ke depan jelas ada langkah-langkah yang kami lakukan,’’ jelasnya.

Jumlah personel juga dirasa sudah mumpuni. ’’Di Papua saya rasa masih cukup, jadi tidak ada pengerahan personil,’’ ujar Luhut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News