Para Wakil Rakyat Ini kok Suka Pamer Kekayaan di Medsos

Para Wakil Rakyat Ini kok Suka Pamer Kekayaan di Medsos
Anggota DPR Anang Hermansyah memasang foto selama liburan di Turki bersama keluarganya. Foto : Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin menyoroti fenomena wakil rakyat yang gemar memajang foto-foto di laman media sosial dan terkesan memamerkan kekayaan mereka.

Ujang menilai, di tengah masih banyak masyarakat yang miskin dan susah, kurang etis wakil rakyat mengumbar kekayaan di media sosial.

Misalnya, memajang foto koleksi mobil mewah, hingga foto rutin jalan-jalan ke luar negeri bersama keluarga besar.

"Walaupun itu hak pribadi, tetapi mereka adalah pejabat negara yang segala ucapan dan perilakunya harus dijaga. Memamerkan kemewahan merupakan bentuk kesombongan. Jadi, sebaiknya dihindari," ujar Ujang kepada JPNN, Senin (22/7).

BACA JUGA : KPK Beri Peringatan Khusus untuk 9 Wakil Rakyat Ini

Untuk menjaga hal yang tak diinginkan, dosen di Universitas Al Azhar Indonesia ini kemudian menyarankan sebaiknya diatur perilaku wakil rakyat dalam menggunakan media sosial.

Paling tidak, agar mengutamakan kinerja daripada mengumbar hal-hal yang bersifat pribadi di media sosial.

"Sejatinya perlu diatur. Namun tak mungkin mereka mau diatur. Kan mereka para anggota DPR yang membuat aturan. Tetapi saya kira tetap perlu diatur, agar rakyat hanya melihat prestasi-prestasi anggota DPR. Bukan melihat pamer kekayaan," ucapnya.

Kurang etis wakil rakyat mengumbar kekayaan di media sosial mereka di tengah masih banyak masyarakat yang miskin dan susah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News