Parade Nusantara Bobol Pengamanan Kemendagri

Parade Nusantara Bobol Pengamanan Kemendagri
Parade Nusantara Bobol Pengamanan Kemendagri
JAKARTA - Puluhan kepala desa (kades) yang tergabung dalam Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Kemendagri, Selasa (27/12). Aksi yang ke-10 kalinya ini berhasil membobol pengamanan gedung yang dipimpin Gamawan Fauzi itu.

Dengan menggoyang-goyangkan pintu pagar yang dijaga para petugas keamanan dalam (pamdal) Kemendagri dan aparat kepolisian, akhirnya memaksakan diri masuk ke kawasan gedung.  Namun, mereka akhirnya tertahan di samping gedung utama, meski sudah di kawasan dalam. Ratusan polisi berseragam dan berpakaian preman menyebar di gedung Kemendagri.

Mereka mendesak agar pemerintah segera mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang desa. Pihak Kemendagri menilai aksi kali ini salah alamat lantaran draf RUU sudah dikirim ke Sekretariat Negara (Setneg), menunggu keluarnya Surat Presiden (Supres) yang menunjuk meneri terkait melakukan pembahasan dengan DPR.

"Kami sudah 10 kali ke sini Pak. Kalau ini tak segera disahkan, rawan," ujar Ajis Hermanto, Kades Kudu, Kecamatan Kertosono, Nganjuk, Jawa Timur, saat diterima Kapuspen Kemendagri, Reydonnyzar Moanek.

JAKARTA - Puluhan kepala desa (kades) yang tergabung dalam Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Kemendagri,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News